PERILAKU MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN TRADISIONAL INDONESIA DITINJAU DARI FAKTOR EKSTERNAL & INTERNAL

Sindy Sindy(1*), Felicia Linarda(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor dominan di antara faktor eksternal dan faktor internal yang mempengaruhi keputusan pembelian makanan tradisional Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausal dengan 300 responden yang ditentukan berdasarkan teknik judgemental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Mean, Regresi Linear Berganda, dan Top Two Boxes and Bottom Two Boxes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dengan variabel persepsi merupakan faktor dominan yang  mempengaruhi perilaku masyarakat Surabaya dalam pembelian makanan tradisional Indonesia.

Keywords


Perilaku, Keputusan Pembelian, Makanan Tradisional Indonesia, Faktor Eksternal, dan Faktor Internal.

Full Text:

PDF

References


Afiana, N. (2006). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian jasa (studi kasus Super M Fitness Centre Jakarta Timur). Undergraduate thesis, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Ambisi jadi kota wisata kuliner (2011, Oktober 31). Retrieved April 3, 2013, from http://www.surabayapost.co.id/

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, S. (2006). Metode penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Bungin, H. M. B. (2010). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cooper, D.R. & Schindler, P. S. (2008). Business research methods (10thed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (n.d.). Daftar nilai gizi beberapa makanan tradisional. Jakarta.

Dispendukcapil Surabaya. (2013). Jumlah penduduk 11 Juni 2013 14:50:12. Retrieved June 11, 2013, from

http://dispendukcapil.surabaya.go.id/index.php

Fardiaz, D. (2002, January). Seminar sehari trend makanan sehat prebiotik dan probiotik. Jakarta.

Hardiman, I. (2009). Hidangan nikmat bergizi dari bumi Indonesia: Aneka sajian mi dan olahan lain. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hawkins, D. I., J.Best, R., & Coney, K. A. (2001). Consumer behavior: Building marketing strategy. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Indrayana P., S. & Hendrawan, B. (2012). Perilaku konsumsi dan faktor – faktor yang mempengaruhi masyarakat Surabaya dalam mengkonsumsi produk – produk pastry dan bakery. (No: 33010359/MAN/2013). Undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Industri makanan dan minuman tumbuh di atas target (2013, February 5). Retrieved May 13, 2013, from

http://neraca.co.id/harian/article/24612/Industri.Makanan.dan.Minuman.

Tumbuh.di.Atas.Target

Jatim memetakan TTG berbasis potensi lokal (n.d). Retrieved May 14, 2013, from http://bapemas.jatimprov.go.id/index.php/component/content/article/90-berita/298-jatim-memetakan-ttg-berbasis-potensi-lokal

Kotler, P. (2000). Marketing management analysis, planning, implementation and control. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2004). Principles of marketing (10thed). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kriyantono, R. (2010). Teknik praktis riset komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, public relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Makanan Indonesia berpotensi mendunia (2011, November 3). Retrieved April 2, 2013, from http://beritasatu.com/food-travel/15784-makanan-indonesia-berpotensi-mendunia.html

Makanan tradisional Indonesia sehat bergizi (2012, July 4). Retrieved April 3, 2013, from http://info-kesehatan.net/makanan-tradisional-indonesia-sehat-bergizi/

Mengangkat kembali makanan tradisional (2012, November 5). Retrieved April 2, 2013, from http://fateta.ipb.ac.id/index.php/Berita-Terbaru/mengangkat-kembali-makanan-tradisional

Palupi, D. H. (2005, March). Perilaku konsumen Indonesia: Panggung untuk delapan adegan. Swa magazine, No. 06/XXI/17.

Peter, J. P. & Olson, J. C. (2005). Consumer behavior and marketing strategy. United States: McGraw-Hill/Irwin.

Pujiastuti, L. (2012, June 20). Mari cintai makanan Indonesia!. Retrieved April 2, 2013, from http://kompasiana.com/post/kuliner/2012/06/20/mari-cintai-makanan-indonesia/

Sandjaja, B. & Heriyanto, B. (2011). Panduan penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2000). Consumer behavior. New Jersey: Prentice Hall.

Sejati, I. D. W. Wisatawan lebih suka makanan tradisional (2009, November 17). Retrieved April 2, 2013, from

http://nasional.kompas.com/read/2009/11/17/22191935/wisatawan-lebih-suka-makanan-tradisional

Sherry, J. F., Jr. & Sternthal, B. (1992). Advances in consumer research. Vol. 19. Provo, UT: Association for Consumer Research.

Simamora, B. (2002). Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Supranto, J. (2000). Statistik: Teori dan aplikasi edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen jasa. Yogyakarta: Andy Offset

Witton, P. (2002). World food: Indonesia. Melbourne: Lonely Planet.

World’s 50 most delicious food (2011, September 7). Retrieved April 2, 2013, from http://travel.cnn.com/explorations/eat/readers-choice-worlds-50-most

-delicious-foods-012321

Yuliati, U. (2011, April). Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian makanan jajanan tradisional di kota Malang. Jurnal Manajemen Bisnis,Vol. 1, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.