PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MENGINAP KEMBALI KONSUMEN DI CORE HOTEL BONNET SURABAYA

Ian Alesi Ardyanto(1*), Erlyn Anastasia Yulia Jayadi(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Saat ini di Surabaya berkembang banyak hotel berbintang tiga. Banyaknya jumlah hotel yang didirikan di Surabaya khususnya hotel berbintang tiga membuat persaingan semakin ketat. Dalam hal ini hotel harus mampu mempertahankan konsumen yang sudah ada dan meningkatkan minat menginap kembali. Dalam penelitian ini akan diteliti pengaruh dari strategi bauran pemasaran terhadap minat menginap kembali konsumen di Core Hotel Bonnet Surabaya. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dan dianalisa menggunaan metode regresi linier berganda. Dari hasil kuesioner sebanyak 140 data dikumpulkan dan diolah. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa produk, harga, dan bukti fisik menjadi variabel yang berpengaruh terhadap minat menginap kembali konsumen.
Kata kunci: bauran pemasaran, minat menginap kembali, Core Hotel Bonnet Surabaya
ABSTRACT
Currently,there are many three-star hotels in Surabaya. The large number of hotels established in Surabaya, especially three-star hotels, makes competition even tighter. In this case the hotel must be able to retain existing customers and increase revisit intention. This study is aimed to learn the effect of marketing mix strategies on the revisit intention of Core Hotel Bonnet Surabaya’ consumers. The study was conducted quantitatively and analyzed using multiple linear regression methods. From the results of the questionnaire 140 data were collected and processed. The results obtained indicate that the product, price, and physical evidence are variables that influence revisit intention.
Keywords: markteing mix, repeat purchase, Core Hotel Bonnet Surabaya


Full Text:

PDF

References


Bachtiar, M. L., & Wibowo, Arif. (2016). Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap minat berkunjung kembali di objek wisata pantai kabupaten Gunungkidul. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia,5(1), 40-49. Chauhan, N. M. (2013). Consumer behaviour and his decision of purchase. International Journals of Multidisciplinary Research,2(5), 1-4. Faradiba, Sri Rahayu Tri Astuti. 2013. Analisis pengaruh kualirtas produk, harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 3 (2):1-10Ferdinand, Augusty. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang Ferdinand, A.T., (2002). Kualitas strategi pemasaran: Sebuah Studi Pendahuluan, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1, No.1, (Mei),p.107-119. Irawan, D., Sunarto, A., Aprilia, A., & Jokom, R. (2016). Analisa pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli ulang konsumen di restoran ikan bakar Cianjur Surabaya. Program Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra,475-488. Kotler, Philip., & Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Narsikun & Othman, L. (2013). Analisis implementasi bauran pemasaran jasa pada hotel Bumi Asih Pekanbaru. Jurnal Manajemen,1(4), 1-14. Nguyen, T. N., Phan, T. T., & Vu, P. A. (2015). The impact of marketing mix elements on food buying behavior: A Study of Supermarket Consumers in Vietnam. International Journal of Business and Management,10(10). doi:10.5539/ijbm.v10n10p206 Simbolon, Sahat. (2015). Aplikasi Theory of Reasoned Action Untuk Memprediksi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion (Studi Kasus : Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IT&B Medan). Sobari, Nurdin., Usman, Hardius., & Wathani, M. Zainul. (2017). The influence of sharia compliance and marketing mix on satisfaction and intention of muslim tourist to revisit Sharia Hotel. Advance in Economics, Business and Management Research,36(1), 645 656. Tjiptono, F. (2006). Manajemen jasa. Edisi pertama. Yogyakarta: Andi Yulita, H. (2016). Pengaruh bauran pemasaran pariwisata terhadap keputusan untuk berkunjung. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata,2(2), 165-183. Zeithaml, V. A & Bitner, M. J. (2000), Service Marketing. Singapore: Mc Graw-Hill Companies Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.