PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI ENDORSER TERHADAP MINAT BELI HOTEL MELALUI KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI INSTAGRAM

Nadya Valentina Sampurno(1*), Christy Pratiwi Ciakrawinata(2), Regina Jokom(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik selebriti endorser di Instagram terhadap minat beli dan kesadaran merek hotel. Karakteristik yang dimiliki oleh selebriti endorser yakni Visibility, Credibility, Attraction, dan Power. Karakteristik tersebut merupakan faktor yang mendorong minat beli dan kesadaran merek terhadap sebuah hotel. Penelitian ini melibatkan sebanyak 304 responden dan menggunakan Partial Least Square sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selebriti endorser memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli dan kesadaran merek hotel.
Kata Kunci: Karakteristik Selebriti Endorser, Minat Beli, dan Kesadaran Merek
Abstract:
The purpose of this research was to study the impact of celebrity endorser characteristics on Instagram on purchase intention and brand awareness of a hotel. The characteristics of celebrity endorser are Visibility, Credibility, Attraction, and Strength. These characteristics are the factors that encourage purchase intention and brand awareness of a hotel. This study involved 304 respondents and used Partial Least Square as a data analysis technique. The results show that celebrity endorsers have a positive and significant impact on purchase intention and brand awareness of hotel.
Keywords: Celebrity Endorser Characteristic, Purchase Intention, and Brand Awareness


Full Text:

PDF

References


Darmansyah, Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 2(12), 236.

Djafarova, E., & Rushworth, C. (2016). Exploring the credibility of online celebrities' Instagram profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Computers in Human Behavior, 68, 1.

Duncan, T. (2005). Principles of Advertising & IMC. New York: McGraw-Hill.

Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Freeman, K. S., & Chen, C. C. (2015). Wither the Impact of Celebrity Endorsement. International Conference on Communication, Media, Technology and Design. Dubai

Gunawan, F. A., & Dharmayanti, D. (2014). Analisis pengaruh iklan televisi dan endorser terhadap purchase intention pond's men dengan brand awareness sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 12.

Hansudoh, S. A. (2012). Pengaruh selebriti endorsement terhadap purchase intention melalui perceived value pada produk top coffee di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 1.

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial Instagram sebagai sarana promosi. Jurnal Bisnis Terapan, 1, 25.

Kadata, p. (2018, februari 9). databoks.co.id. Dipetik aguatus 27, 2018, dari kadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/09/berapa-pengguna-instagram-dari-indonesia

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip- Prinsip Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lee, J. (2015). Social Media in Athletics . Reaching Out To the World, 8.

McCracken, G. (1989). Who is the celebrity endorser? cultural foundations of the endorsement process. Journal of Consumer Research, 16, 310.

Muda, M., Musa, R., Mohamed, R. N., & Borhan, H. (2013). Celebrity entrepreneur endorsement and advertising effectiveness. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 12.

Octaviasari, S. (2011). Analisis pengaruh daya tarik iklan dan efek komunitas terhadap kesadaran merek dan sikap terhadap merek kartu seluler prabayar mentari di Semarang. Jurnal Bisnis, 2, 31.

Rini, E. S., & Astuti, D. W. (2012). Pengaruh Agnes Monica sebagai celebrity endorser terhadap pembentukan brand image Honda Vario. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(1), 11.

Royan, F. M. (2005). Marketing Celebrities. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Soehadi, A. W. (2005). Efektif branding : Konsep dan aplikasi pengembangan merek yang sehat dan kuat. Bandung: Mizan Media Utama.

Susanto, A. B., & Wijarnako, H. (2004). Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen.

Swastha, B., & Irawan. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Yang, W. (2017). Star power: the evolution of celebrity endorsement research. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 390.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.