ANALISA PENGARUH KUALITAS LAYANAN, LOKASI, HARGA DAN PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG TURIS LOKAL

Stephanie Djimantoro(1*), Elisa Chandra(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Meningkatnya jumlah hotel di Surabaya membuat persaingan di bidang perhotelan semakin tinggi, hotel dituntut harus mampu bersaing dalam pasar dan bisa menyediakan produk atau jasa yang berkualitas sehingga konsumen merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, lokasi, harga, dan produk terhadap minat pembelian ulang turis lokal. Penelitian ini dilakukan kepada 80 konsumen “Tab Capsule Hotel” Surabaya yang pernah menginap minimal sekali dan merupakan warga negara Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, Lokasi, Harga, dan Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang turis lokal, dan Variabel yang paling dominan adalah Kualitas layanan.
Kata Kunci:Kualitas Layanan, Marketing mix, Lokasi, Harga, Produk dan Minat pembelian ulang
ABSTRACT
The increasing number of hotels has increased the competition among hotels in Surabaya. Hotels are required to be able to compete in the market and can provide quality products or services so that consumers feel satisfied. This study is aimed to determine the analysis of service quality, location, price and product towards local tourist repurchase intention at “Tab Capsule Hotel” Surabaya. This research uses 80 consumer of tab capsule hotel Surabaya. The results showed that service quality, location, price, and product had positive and significant influence to local tourist repurchase intention, and service quality is dominant towards local tourist repurchase intention.
Keywords: Service Quality, Marketing mix, Location, Price, Product, and Repurchase intention


Full Text:

PDF

References


Arif Pratisto. 2009. Statistik Menjadi Mudah dengan SPSS 17, Gramedia, Jakarta.

Dwi Priyatno, Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik), Yogyakarta: MediaKom, 2008

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset

Faradiba & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen. Semarang: Universitas Diponegoro

Hartini, S. (2017).Pengaruh Kualitas pelyanan, fasilitas, harga, dan lokasi terhdap keputusan konsumen untuk menginap di hotel sakura, Palangkaraya. Ulum ilmu sosial dan humaniora.

Heizer, J. dan Render, B. (2006). Manajemen operasi, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

9

Hellier, P.K., (2003), “Customer Repurchase Intention. A General Structural Equation Model”, European Journal of Marketing, Vol. 37 No. 11/12, pp. 1762-1800

J. Supranto, M.A. 2002. Metode Peramalan Kuantitatif untuk Perencanaan Ekonomi dan Bisnis, Jakarta : Rineka Cipta

Kotler , P. & Keller, (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga

Kotler, Keller, 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.

Kotler, P. & Amstrong G. (2013). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi 12. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Lupiyoadi. (2001). Manajemen pemasaran jasa teori dan praktek. Jakarta: Salemba Empat. Malhotra, Naresh K.(2010). Riset Pemasaran (Marketing Research) (Edisi 4 Jilid 1). New Jersey, Indonesia: PT. Indeks Mudrajad Kuncoro, (2013). “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi” Edisi 4. Jakarta: Erlangga

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A.and Berry, L.L. (1998), SERVQUAL: a multiple item scale for Measuring consumer perceptions of service quality, Journal of Retaling, vol. 64 No, 1, pp. 12-40.

Prawirohardjo, Sarwono. 2008. Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo Santoso, Singgih. (2003). Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS versi 11.5. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo

Saputra, G. B. (2018). Hotel kapsul pertama dengan nuansa sentuhan Indonesia, Re-trieved 20, juli, 2018 from: travel.kompas.com/read/2018/07/20/091400127/ hotel.kapsul.pertama.dengan.sentuhan.budaya.indonesia.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulastiyono, A. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel: Manajemen Hotel. Bandung: Alfabeta.

Sulistiono. (2010). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2006-2008. Skripsi Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Swastha, B. (2002). Manajemen pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Ofset

Wardani, D. K., Paramita P. D. dan Minarsih, M. M. (2016), Pengaruh produk harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen yang berdampak pada repurchase intention. Semarang: Universitas Diponegoro

Yoeti, O. A. (2001). Tours and travel management. Jakarta: Jakarta Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.