ANALISA KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI KUALITAS LAYANAN YANG DIBERIKAN CIPUTRA WATERPARK

John Paul Gunawan, Rendy Kurniawan Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami apakah konsumen puas dengan layanan yang diberikan oleh Ciputra Waterpark. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan menyebar kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen Ciputra puas dengan kualitas layanan yang diberikan Ciputra Waterpark. Dari lima variabel dimensi kualitas yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty merupakan variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen di Ciputra Waterpark, di antara kelima variabel tersebut, variabel tangible merupakan variabel yang mendapatkan tingkat kepuasan yang tinggi dengan nilai mean rata-rata mean sebesar 3,725.

 


Keywords


Tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, kepuasan konsumen.

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2004). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: CV Alfabeta

Band, W.A. (2005). Creating values for customer: Designing and implemanting a

total corporate strategi. New York: John Wiley and Son.

Barata, A.A. (2004). Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta: PT Gramedia

Blumberg, Donald F. (2003). Managing service as a strategic profit center. New York: McGraw-Hill Inc.

Duncan, T. (2005). Principles of advertising and imc (2nd ed.) Boston: Mc. Graw-Hill.

Johnston, C. (2005). Service operational management. USA: Prentice Hall.

John, S. (2003). Consumer behavior in tourism. Oxford: Elsevier Butterworth .

Joewono, H.H., Sanusi, B., Tanjung, N. (2003). Jangan sekadar servis. Jakarta: PT. Intisari Mediatama.

Kotler, P., and Keller, K.L. (2006). Marketing management (12th ed.) New Jersey USA: Prentice Hall.

Kotler, P., Jain, D.C. & Maesince, S. (2002). Marketing moves: A new approach to profits, growth and renewal. Boston.

Kotler, P. (2004). Marketing management (The millenium ed.) Prentice Hall International Inc.

Kuncoro, M. (2007). Metode kuantitatif: Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: UPP - AMP YKPN.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlanga.

Lovelock, H.C. (2001). Service marketing (4th ed.) New Jersey: Prentice Hall, inc.

Loudon, D.L, and Bitta, A.J.D. (2003). Consumer behavior : Concepts and applications (4th ed.) New York: Mc.Graw-Hill.

Rangkuti, F. (2002). Strategic marketing tools and cases: Pratical data analysis and interpretation, marketing and behavior. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Reid, R., Bojanic, D. (2001). Hospitality marketing management. New York: John Willey and Sons, Inc.

Haryono, A. (2013, May 3). Jumlah Wisatawan Asing dan Lokal di Surabaya Meningkat.Retrieved 3 Mei 2013, from http://ekbis.sindonews.com/read/2013/05/03/34/744811/jumlah-wisatawan-asing-dan-lokal-di-surabaya-meningkat

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D (5th ed). Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2004). Metode penelitian administrasi (11th ed). Bandung: CV. Alfabeta

Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Jakarta: Ghalia Ind.

Tjiptono, F., and Chandra, G. (2005). Service, quality and satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2005). Brand management and strategi. Yogyakarta: Andi offset.

Tschohl, J., Franzmeier, S. & Singo, T. (2003). Unggul bersaing melalui layanan pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wikipedia. (2013). Rekreasi. Retrieved 20 june 2013,

from http://id.wikipedia.org/wiki/Rekreasi

Zeithaml, Z.A., Parasuraman, A. & Berry, L.L. (2004). Delivering quality service: Balancing consumer perception and expectation, New York: Macmillon Inc, The Free Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.