ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH ARTOTEL BUTIK HOTEL SURABAYA

Claudia Carolina, Helena Rosandy

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui  faktor-faktor apa saja yang mendorong keputusan konsumen dalam memilih Artotel Butik Hotel Surabaya, serta seberapa besar kontribusi dari masing-masing faktor tersebut. Penulis menggunakan Artotel Butik Hotel Surabaya, karena Hotel ini tergolong baru dan berbeda dari hotel-hotel lainnya. Artotel Butik Hotel Surabaya menjadi satu-satuya hotel yang mengutamakan konsep kontemporer desain di setiap sudut ruangan serta memiliki galeri seni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang terbentuk, yaitu faktor motivasi dan persepsi, peran dan gaya hidup, media promosi, empati, serta desain fisik. Masing-masing faktor tersebut berkontribusi cukup besar dalam mendorong para konsumen untuk memilih Artotel Butik Hotel Surabaya.


Keywords


Keputusan Konsumen, Art Hotel.

Full Text:

PDF

References


Assael & Henry. (1992). Consumer behavior and marketing actions. (2nd ed). Kent, Boston, Massachusetts.

Baker, S., Huyton, J. & Bradley, P. (2000). Business tourism. (2nd ed). Great Britain: Continuum.

Bungin, H.M.D. (2009). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cooper, D.R. & Emory, W.R. (1999). Metode penelitian bisnis. Jakarta: Erlangga.

Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia. (2009). Undang-undang nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Jakarta: Departemen Kehakiman dan Perundang-undangan.

Djarwoto. (2001). Mengenal beberapa uji statistik dalam penelitian. (2nd ed.). Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Ferrel, O. C., & Hartline, M. D. (2008). Marketing strategy. (4th ed). United States of America : Thomson Corporation.

Field, A. (2005). Discovering statistics using SPSS. London: Sage Publications.

Ghozali, H.I. & Fuad. (2008). Structural equation modeling, teori, konsep, dan aplikasi dengan program LISREL 8.80. (Edisi 2). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.r., Joseph, F. Anderson, R.E., Ronald, L. Tatham and William, C. B. (1995). Multivariate data analysis with readings. (4th ed). Prentice Hall International Ed.

Husein, U. (2002). Metode riset bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Peter, J. P. and Olson, J.C. (2005). Consumer behaviour, perialaku konsumen dan strategi pemasaran. Ed4Jilid 2. Penerbit Erlangga.

Kotler, P. (2000). Manajemen pemasaran. PT. Prenhalindo; Jakarta.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2004). Principles of marketing. (10th ed.). International Edition, Upper Saddle River, New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management. (13th ed.). International Edition, Upper Saddle River, New Jersey : Prentice Hall.

Kuncoro, M. (2007). Metode kuantitatif: Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. (3rd ed.). Yogyakarta: UPP – AMP YKPN.

Malhotra, K. Naresh. (2005). Riset pemasaran, pendekatan terapan. (4th ed). Jilid 2. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia.

Maman, K.h. (2002). “Menggabungkan metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif”, Makalah pengantar filsafat sain, Program Pasca Sarjana/S3, IPB.

Rahardjo, A. (2012). Hingga 2015 Jakarta akan dibanjiri 4.000 kamar hotel baru. Retrieved April 1,2013, from http://jktproperty.com.

Santoso, S. (2003). Buku latihan SPSS statistik multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L.L. (2004). Consumer behavior (8th ed). New Jersey: Pearson Education Inc., Upper Saddle River.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Consumer behavior (7th ed.). International Edition, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Sihite. (2000). Pengantar perhotelan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (2006). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Solomon, R. Michael. (2002). Consumer behavior: buying, having, and being. 8th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Solomon, M. R. (2007). Customer behavior: buying, having, and being. International Ed. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Sudibya. (2004). Pengantar perhotelan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Sugiyono. (2006). Metodelogi penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. (15th ed.). Bandung: CV. Alfabeta.

Suharto. (2007). Kumpulan bahan kuliah statistika. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro.

Suliyanto. (2005). Analisa data dalam aplikasi pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Suwithi , N.W. dan Boham, C.E. Jr. ( 2008 ). Akomodasi perhotelan jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejurusan, Jakarta.

Schiffman, leon & Kanuk. (2004). Perilaku konsumen (4th ed). PT. Indeks, Jakarta.

Walpole, R.E. (1992). Pengantar statistika. (3rd ed). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.