RESTAURANT REVENUE MANAGEMENT: IMPLEMENTASI DI RESTORAN “X” SURABAYA

Hendra Wijaya(1*), Rizky Nugroho Adji(2), Sienny Thio(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Restaurant Revenue Management merupakan aplikasi dari sistem informasi dan strategi harga yang menjual tempat yang tepat kepada pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat dan dalam jangka waktu yang tepat. Pengimplementasian restaurant revenue management dilakukan melalui tiga langkah yang bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menyelesaikan permasalahan yang muncul dengan penggunaan dari strategi restaurant revenue management. Dalam pengimplementasiannya dilakukan langkah pertama yaitu menetapkan baseline yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan restoran “X” yaitu average check, seat occupancy, RevPASH serta meal duration. Dilanjutkan dengan penerapan langkah kedua yaitu memahami drivers yang bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada berdasarkan langkah pertama dengan menggunakan fishbone diagram, lalu dilanjutkan dengan penerapan langkah ketiga yaitu membuat strategi revenue management yang bertujuan untuk memberikan strategi untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sudah teridentifikasi pada langkah kedua di Restoran “X” Surabaya

 


Keywords


Revenue management, average check, seat occupancy, RevPASH, meal duration

Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2002). Menjadi peneliti kualitatif. Pustaka Setia. Bandung. Diskusi bebas. (n.d.) Retrieved March 24, 2013, from http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/presenting/2061554-pengertian-pendapatan/

Hayes, D.K. and Dopson, L.R. (2011). Food and beverage cost control : Fifth edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Ikatan Akuntansi Indonesia, (2010). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan /PSAK 23. Retrieved March 26, 2013 from www.iaiglobal.or.id

Kimes, S.E. (1994), Perceived fairness of yield management, Cornell Hotel and Restaurant Admnistration Quarterly, 29 (1), 22-29.

Kimes, S.E., Chase, R.B. (1998), The strategic eevers of yield management, Journal of Service Research, vol. 1, no.2, pp. 156-66.

Kimes, S.E., Chase, R.B., Choi, S., Lee, P.Y. & Ngonzi, E.N. (1998). Restaurant revenue management: Applying yield management to the restaurant industry. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly,Jun 1998; 39,3. Retrieved March 23, 2013, from ABI/INFORM Global( Proquest) database.

Kimes, S.E. (1999), Implementing restaurant revenue management: A five-step approach. Cornell Hotel and Restaurant Administration Retrieved March 25, 2013 from http://yieldmix.com/restaurant_revenue.pdf

Kimes, S.E., Wirtz, J. & Noone, B.M. (2002). How long should dinner take? Journal of Revenue and Pricing Management, 4(1), 220-233.

Kimes, S.E. (2004), Restaurant revenue management : Implementation at chevys arrowhead, Cornell Hotel and Restaurant Admnistration Quarterly, 45 (1), 52-67.

Kotler, P. (1991). Marketing management: analysis, planning, implementation and control. Prentice Hall Inc, New Jersey.

Kuncoro, M., (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi, Jakarta: Erlangga

Miller, J.E., Hayes, D.K. and Dopson, L.R. (2002). Food and beverage cost. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Ninemenier, J. D. & Hayes, D. K. (2006). Restaurant operations management principles and practices (1st ed.). New Jersey : Pearson Prentice Hall.

Schmidgall, R.S., Hayes, D.K. and Ninemeier. J.D. (2002). Restaurant financial basics. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Soekresno. (2000). Management food and beverage service hotel. Jakarta: PT. Gramedia

Walker, J. R. (2004). Introduction to hospitality management. New Jersey : Pearson Education Inc.

Wyckoff D. D. (2001). New tools for achieving service quality. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, vol. 44, no. 1, pp. 53-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.