Analisa Experiential Marketing Dan Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Konsumen Ron's Laboratory Ciputra World Surabaya

Authors

  • Edy Putra Mulya Wijaya

Keywords:

Money ethics, Intrinsic, Extrinsic Religiosity, Tax Evasion

Abstract

Ron’s Laboratory Surabaya adalah kedai yang menjual gelato yang memiliki nama – nama yang unik dan cita rasa yang berbeda dibandingkan dengan gelato pada umumnya. Dalam industry kedai es krim yang sangat kompetitif saat ini Ron’s Laboratory Surabaya harus meninggalkan strategi pemasaran tradisional dan mulai menciptakan experiential marketing di benak konsumen agar dapat bertahan dan memenangkan kompetisi dengan para pesaing. Experiential marketing akan menimbulkan kepuasan konsumen yang kemudian akan mempengaruhi konsumen untuk memiliki niat membeli kembali produk tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah experiential marketing  dan customer satisfaction berpengaruh langsung terhadap repurchase intention di Ron’s Laboratory Surabaya. Ada 80 responden dalam penelitian ini yang meliputi responden berusia 17 tahun ke atas dan sudah datang ke Ron’s laboratory  Ciputra World Surabaya dua kali dalam 6 bulan terakhir.

References

[1] Philip Kotler & Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta

[2] Fransisca Andreani. 2007. Experiential Marketing. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 2. No. 1. P. 1-8

[3] Pine, B. Joseph., and Gilmore H. James. 1996. The Experience Economy: Work is Theatre and Every Business a Stage. Boston: Harvard Business School Press

[4] Tse dan Wilton, 2008, Two Approaches to Service Quality Dimensions

[5] Schmitt, Bernd. (1999). Experiential Marketing: How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. Free Press.

[6] Schmitt, Bernd H dan David L Rogers. (2008). Handbook on Brand and Experience Management. Edward Elgar Publishing Limited, UK.

[7] Lovelock, Christoper & Jochen Wirtz. 2011. Service Marketing. New Jersey USA : Pearson

[8] Kotler Philip. 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta

[9] Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

[10] Rambat Lupiyoadi, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik), Salemba Empat, Jakarta

[11] Fornell, C., et al. 1996. “The American Customer Satisfaction Index: Nature, Purpose, and FIndings”. Journal of Marketing

[12] Hellier, P.K., Geurtsen, G.M., Carr, R.A. and Rickard, J.A. (2003), “Customer repurchase intention, a general structural equation model”, European Journal of Marketing, vol. 37, no. 11/12

[13] Augusty, Ferdinand. 2006. Metodologi Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

[14] Sugiono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam Belas, CV Alfabeta, Bandung

[15] Hoolbrok, M.B. and Hirschman, E.C. (1982) The experiential aspect of consumption: Consumer fantasy, feelings and fun.

Published

2015-07-09