Pengaruh Brand Ambassador dan E-Service Quality terhadap Repurchase Intention pada Marketplace Tokopedia

Melinia Bonita Hadiwijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Brand Ambassador dan kualitas pelayanan elektronik (E-Service Quality) yang mempengaruhi minat pembelian ulang (Repurchase Intention) pada Marketplace Tokopedia.

            Penelitian ini bersifat konklusif dan diklasifikasikan dalam jenis riset kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui online survey menggunakan instrumen kuesioner dengan respon yanng digunakan 100 responden. Respondennya adalah orang – orang yang pernah menggunakan dan berbelanja di aplikasi Tokopedia dalam kurun waktu Oktober 2020 - Agustus 2021 dan orang - orang yang membeli karena melihat iklan di media sosial atau televisi tentang Tokopedia menggunakan Brand Ambassador BTS maupun BlackPink dalam kurun waktu 3 bulan terakhir (Mei 2021 - Agustus 2021). Data diolah menggunakan pendekatan persamaan model struktual dengan teknik Partial Least Square. Hasil dari penelitian ini memperlihatkkan bahwa Brand Ambassador dapat mempengaruhi Repurchase Intention. Namun untuk E-Service Quality belum dapat memberikan pengaruh terhadap Repurchase Intention.


Keywords


Brand Ambassador, E-Service Quality, Repurchase Intention

References


Abdillah, W., Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Penerbit Andi. Yogyakarta.

Ahmed, A., Farooq, O. & Mir, F. A. (2012). Effect of Celebrity Endorsement on Customers' Buying Behavior; A Perspective From Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 4(5). Diakses melalui researchgate.net

Alpar, P., Porembski, M., & Pickerodt, S. (2001). Measuring the Efficiency of Web Site Traffic Generation. International Journal of Electronic Commerce. International Journal of Electronic Commerce. https://doi.org/10.1080/10864415.2001.11044224

Fariha, F. A. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Repurchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Awareness Shopee Indonesia

Ferdinand, A. T. (2006). Metode Penelitian Mananjemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan skripsi, Tesis, dan disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS . Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hikmah, A.N., Riptiono, S. (2020). Pengaruh Customer Engagement Dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 2(1).

https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i1.447

Jogiyanto, 2009. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kertamuki, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Penelitian : Konsep Pesan, Media Branding, Anggaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Laudon, K. C., Laudon. J. P. (2017). Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta: Salemba Empat.

Lee, F. H. & W.Y. Wu (2011), Moderating effect of technology acceptance perspectives on e-service quality formation: evidence from airlines website in Taiwan, Expert System With Application, Elsevier. Menara Ekonomi, 3(6). https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaraekonomi/article/view/405/350

Lee, G., & Lin, H. (2005). Customer perceptions of e‐service quality in online shopping. International Journal of Retail & Distribution Management, 33(2), 161-176. https://doi.org/10.1108/09590550510581485

Lestari, H., Sunarti., Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian, Survei Online Pada Konsumen Innisfree Di Indonesia Dan China.

Mahardhika N. (2016) Pengaruh Inovasi dan Harga Terhedap Minat Beli Ulang Merchandise (Studi Kasus Pada Fans Idol Group JKT48 Di Yogyakarta)

Purwaningwulan, et al. (2018). The Uniqueness of Influencer Marketing in the Indonesian Muslim Fashion Industry on Digital Marketing Communication Era. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 225, 114-115.

Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta Diakses pada 13 Agustus 2021.

Salim. M. N. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Konveksi Umkm. http://repository.iainkudus.ac.id/3945/

Schmidt, H. J., & Baumgarth, C. (2018). Strengthening internal brand equity with brand ambassador programs: development and testing of a success factor model. Journal of Brand Management, 25(3), 250–265. https://doi.org/10.1057/s41262-018-0101-9.

SimiliarWeb. (2021). Traffic Overview. Retrieved from www.similarweb.com: https://www.similarweb.com/website/tokopedia.com/#overview

Sharma, G. & Lijuan, W. (2015). The effects of online service quality of e-commerce Websites on user satisfaction.

https://www.researchgate.net/publication/277967995_The_effects_of_online_service_quality_of_e-commerce_Websites_on_user_satisfaction

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service, Quality and Satisfaction 4th edition. Yogyakarta: Andi

Tobagus, A. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pengguna Di Situs Tokopedia. Agora Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis, 6(1), 1-10.

Tokopedia. (2021). Tokopedia Tunjuk Dua Brand Ambassador Sekaligus: BTS dan BLACKPINK. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2021.

Wuisan, D., Candra, D., Tanaya, M., Natalia, V., & Bernarto, I. (2020). Pengaruh Website Design Quality dan E-Service Quality terhadap Repurchase Intention Sociolla E-Trust Sebagai Variabel Mediasi. Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 55-67.

Zeithaml, V.A. (2002), Service excellence in electronic channels, Managing Service Quality. International Journal of Service Industry Management. http://dx.doi.org/10.1108/09564230410540953


Refbacks

  • There are currently no refbacks.