Brand Awareness Masyarakat Surabaya pada Brand Seiko “The New Seiko 5 Sports”

Authors

  • Irving Williem Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Felicia Goenawan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Vita Monica Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra

Keywords:

Hotel Resor, Joglo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat, khususnya dalam Jam Tangan. Oleh karena itu Seiko melakukan perubahan pada sub-brand mereka yaitu Seiko 5 Sports menjadi “The New Seiko 5 Sports”. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui brand awareness masyarakat Surabaya pada “The New Seiko 5 Sports”, berada pada tingkat Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, atau Unaware of Brand dengan menggunakan enam elemen brand dari “The New Seiko 5 Sports” antara lain Brand Names, URL, Logo&Symbol, Slogan, Character, dan Packaging.

Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode online survei. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Brand Awareness Masyarakat Surabaya pada Brand Seiko “The New Seiko 5 Sports” ada pada tingkat tertinggi kedua yaitu, Brand Recall.

References

Aaker, D.A. (1996). Managing Brand Equity Capitalizing on The Value of A Brand Name. New York: The Free Press.

_________. (2010). Building Strong Brands. New York: Pocket Books. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Bernays, E.L. (2013). Public Relations. Oklahoma: University of Oklahoma Press.

Durianto, dkk. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Keller, K.L. (2003). Strategic Brand Management, 2nd edition. London: Pretince Hall.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kecana

Megawati, Jessica (2016). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya

mengenai Instant Messenger pada Smartphone. Skripsi. Surabaya: Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Widya Mandala.

Seiko. Retrieved Febuary 27, 2020, from https://seiko5sports.com/

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabera

Downloads

Published

2021-04-21