Analisis Isi Implementasi Elemen Competitive Identity pada Nation Branding “Imagine Your Korea” di Facebook

The Agnes Angelita Setiadi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi elemen competitive identity pada nation branding “Imagine Your Korea” yang dilakukan melalui media sosial Facebook. Menurut pakar nation branding, Simon Anholt, ada 6 elemen competitive identity yang seharusnya ada pada nation branding yaitu promosi pariwisata, budaya, brand yang diekspor, kebijakan, masyarakat, dan investasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Hasilnya, peneliti mendapatkan data bahwa keenam elemen competitive identity terimplementasikan pada nation branding “Imagine Your Korea”, hanya saja tidak merata jumlahnya. “Imagine Your Korea” lebih menekankan pada elemen promosi pariwisata, budaya, dan masyarakat, yang memang sesuai dengan nilai-nilai yang ingin diperkenalkan sejak awal. Peneliti juga melakukan tabulasi silang antara elemen competitive identity dengan perolehan feedback, dan didapati bahwa memang lebih banyak feedback yang terdapat pada elemen promosi pariwisata, budaya, dan masyarakat. Dalam prakteknya, nation branding “Imagine Your Korea” telah melaksanakan tujuan utama public relations, yaitu menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan publiknya dan mencapai kesepahaman.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI