PENERIMAAN PEMIRSA PEREMPUAN TERHADAP PESAN GAYA HIDUP DALAM IKLAN-IKLAN KOPI DENGAN ENDORSER PEREMPUAN
(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini melihat penerimaan pemirsa perempuan terhadap gambaran gaya hidup dalam iklan-iklan kopi dengan endorser perempuan. Ada empat bentuk gambaran gaya hidup yang diteliti yakni, status, mobilitas tinggi, bercengkrama di tempat-tempat tertentu, dan gaya hidup instan. Analisis penerimaan (reception analysis) encoding-decoding Stuart Hall digunakan untuk melihat pemaknaan lima informan peminum kopi perempuan yang terdiri dari Coffee Gourmet (peminum kopi dengan makanan tertentu), Task Master (peminum kopi untuk mempertahankan fokus), Coffee Addict (pecandu kopi), Social Drinker (peminum kopi untuk berkumpul bersama teman), Comfort Lover (penyuka minuman hangat untuk di genggam). Penelitian ini menemukan bahwa hanya Coffee addict dan Task Master yang Oposisi pada gaya hidup instan. Sedangkan Coffee Gourmet dan Comfort Lover saja yang Negosiasi pada gaya hidup bercengkrama di tempat-tempat tertentu sembari mengkonsumsi kopi. Penerimaan ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan informan dalam mengkonsumsi kopi pada kehidupan sehari-hari dan pengetahuan mereka tentang iklan-iklan kopi lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar, ABD. (2006.) Reka Cipta Dan Inovasi Dalam Perspektif Kreativistis. Malaysia: Universitas Teknologi Malaysia
Baran, S. J. (2010). Mass Communication Theory; Foundations, Ferment, and
Future, 3rd edition. Belmon, CA: Thomson
Bealer, B. (2010). The Miracel of Caffeine (Manfaat tak terduga kafein berdasarkan penelitian paling mutakhir). Bandung: PT. Mizan Pustaka
Bungin, B. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana
Callist, N. (2012). Kopi Luwak White Koffie new iklan. Retreived 12 Maret 2013 from
https://www.youtube.com/watch?v=J87by64ATBw
Callist, N. (2013). Luwak White Koffie Kopi Nikmat Tidak Bikin Kembung. Retreived 12 Maret 2013 from https://www.youtube.com/watch?v=AQ4YG77mlek
Chandra, K. (2010). Penerimaan penonton terhadap peran bule pada program Wara-Wiri di Trans 7. Surabaya : Universitas Kristen Petra
Fazriyati, W. (2012). Cara Perempuan Menikmati Koppi. Retreived 23 Maret 2013 from
http://female.kompas.com/read/2012/09/15/16341850/Cara.Perempuan.Menikmati.Kopi
Flowers, A. (2011). TVC Kopi ABC Mocca Makin Mantap - "Raffi Ahmad & Dardan Petrela Nongkrong Di Warung Kopi" 30". Retreived 12 Maret 2013 from https://www.youtube.com/watch?v=Tp6w2R_wsVY
Gill, R. C. (2007). Gender and the Media. USA: Polity Press
Hadi, I. P. (2009). Penelitian Khalayak dalam Perspektif Reception Analysis. Surabaya: Jurnal Ilmiah Scriptura Vol. 3 No. 1.
Indra, S. O. (2010). Penerimaan anak-anak perempuan usia pra sekolah terhadap konsep gender dalam serial kartun Dora the explorer. Surabaya : Universitas Kristen Petra
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rodakarya
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers
Naddymusa. (2011). Kapal Api White Coffee TVC (Short version). Retreived 12 Maret 2013 from
https://www.youtube.com/watch?v=cnhY4ivx4v8
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS
Prastaowo, A. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian. Jogjakarta: AR-Ruzz Media
Puspasari, A. (2010). Fat Bok, Rich In Thin/Fat Life. Jakarta: Gramedia
Sari, J. (2013). Menjadi Gaya Hidup, Konsumsi Kopi Menguat. Retreived 12 Maret 2013 from
http://m.metrotvnews.com/read/news/2013/05/28/157256/Menjadi-Gaya-Hidup-Konsumsi-Kopi-Menguat
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga
Sochari, A. (2007). Budaya Visual Indonesia. Jakarta: Erlangga
Soekanto. (1983) . Kamus Sosiologi. Jakarta: CV. Rajawali
Sompotan, J. (2013). Maraknya Kedai Kopi Lahirkan Gaya Hidup Baru. Retreived 3 November 2013 from http://www.okefood.com/read/2013/04/19/299/794522/marak-kedai-kopi-lahirkan-gaya-hidup-baru
Stokes, J. (2007). How To Do Media And Cultural Studies. Yogyakarta: Bentang
Susanto, A.B . (2001). Potret-Potret Gaya Hidup Metropolis. Jakarta: Kompas
Susanto, B. (2005). Penghibur(An) Masalalu Dan Budaya Hidup Masa Kini Indonesia. Yokyakarta: Kanisius
Sutomo, D. (2006). Cara Pintar Menembus Pasar. Jakarta: Republika
Widyatama, R. (2006). Bias Gender dalam Iklan Televisi. Yogyakarta: Media Pressindo
Operations, Inc. (2007). Majority of Coffee Drinkers Rate Their Morning Cup as More Important Than Sleep, Food or Proper Hygiene. Retreived 3 Oktober 2013 from http://www.businesswire.com/news/home/20070131005199/en/Majority-Coffee-Drinkers-Rate-Morning-Cup-Important
Zaimar, O. K. S. (2009). Telaah Wacana. Jakarta: Interkultural Institute
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI