PENERIMAAN PEMIRSA PEREMPUAN TERHADAP PESAN GAYA HIDUP DALAM IKLAN-IKLAN KOPI DENGAN ENDORSER PEREMPUAN

Janice Ambara(1*),


(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini melihat penerimaan pemirsa perempuan terhadap gambaran gaya hidup dalam iklan-iklan kopi dengan endorser perempuan. Ada empat bentuk gambaran gaya hidup yang diteliti yakni, status, mobilitas tinggi, bercengkrama di tempat-tempat tertentu, dan gaya hidup instan. Analisis penerimaan (reception analysis) encoding-decoding Stuart Hall digunakan untuk melihat pemaknaan lima informan peminum kopi perempuan yang terdiri dari Coffee Gourmet (peminum kopi dengan makanan tertentu), Task Master (peminum kopi untuk mempertahankan fokus), Coffee Addict (pecandu kopi), Social Drinker (peminum kopi untuk berkumpul bersama teman), Comfort Lover (penyuka minuman hangat untuk di genggam). Penelitian ini menemukan bahwa hanya Coffee addict dan Task Master yang Oposisi pada gaya hidup instan. Sedangkan Coffee Gourmet dan Comfort Lover saja yang Negosiasi  pada gaya hidup bercengkrama di tempat-tempat tertentu sembari mengkonsumsi kopi. Penerimaan ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan informan dalam mengkonsumsi kopi pada kehidupan sehari-hari dan pengetahuan mereka tentang iklan-iklan kopi lainnya.


Keywords


Reception Analysis; Gaya Hidup; Pemirsa Perempuan; Iklan-Iklan Kopi

Full Text:

PDF

References


Azhar, ABD. (2006.) Reka Cipta Dan Inovasi Dalam Perspektif Kreativistis. Malaysia: Universitas Teknologi Malaysia

Baran, S. J. (2010). Mass Communication Theory; Foundations, Ferment, and

Future, 3rd edition. Belmon, CA: Thomson

Bealer, B. (2010). The Miracel of Caffeine (Manfaat tak terduga kafein berdasarkan penelitian paling mutakhir). Bandung: PT. Mizan Pustaka

Bungin, B. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana

Callist, N. (2012). Kopi Luwak White Koffie new iklan. Retreived 12 Maret 2013 from

https://www.youtube.com/watch?v=J87by64ATBw

Callist, N. (2013). Luwak White Koffie Kopi Nikmat Tidak Bikin Kembung. Retreived 12 Maret 2013 from https://www.youtube.com/watch?v=AQ4YG77mlek

Chandra, K. (2010). Penerimaan penonton terhadap peran bule pada program Wara-Wiri di Trans 7. Surabaya : Universitas Kristen Petra

Fazriyati, W. (2012). Cara Perempuan Menikmati Koppi. Retreived 23 Maret 2013 from

http://female.kompas.com/read/2012/09/15/16341850/Cara.Perempuan.Menikmati.Kopi

Flowers, A. (2011). TVC Kopi ABC Mocca Makin Mantap - "Raffi Ahmad & Dardan Petrela Nongkrong Di Warung Kopi" 30". Retreived 12 Maret 2013 from https://www.youtube.com/watch?v=Tp6w2R_wsVY

Gill, R. C. (2007). Gender and the Media. USA: Polity Press

Hadi, I. P. (2009). Penelitian Khalayak dalam Perspektif Reception Analysis. Surabaya: Jurnal Ilmiah Scriptura Vol. 3 No. 1.

Indra, S. O. (2010). Penerimaan anak-anak perempuan usia pra sekolah terhadap konsep gender dalam serial kartun Dora the explorer. Surabaya : Universitas Kristen Petra

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rodakarya

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers

Naddymusa. (2011). Kapal Api White Coffee TVC (Short version). Retreived 12 Maret 2013 from

https://www.youtube.com/watch?v=cnhY4ivx4v8

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS

Prastaowo, A. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian. Jogjakarta: AR-Ruzz Media

Puspasari, A. (2010). Fat Bok, Rich In Thin/Fat Life. Jakarta: Gramedia

Sari, J. (2013). Menjadi Gaya Hidup, Konsumsi Kopi Menguat. Retreived 12 Maret 2013 from

http://m.metrotvnews.com/read/news/2013/05/28/157256/Menjadi-Gaya-Hidup-Konsumsi-Kopi-Menguat

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga

Sochari, A. (2007). Budaya Visual Indonesia. Jakarta: Erlangga

Soekanto. (1983) . Kamus Sosiologi. Jakarta: CV. Rajawali

Sompotan, J. (2013). Maraknya Kedai Kopi Lahirkan Gaya Hidup Baru. Retreived 3 November 2013 from http://www.okefood.com/read/2013/04/19/299/794522/marak-kedai-kopi-lahirkan-gaya-hidup-baru

Stokes, J. (2007). How To Do Media And Cultural Studies. Yogyakarta: Bentang

Susanto, A.B . (2001). Potret-Potret Gaya Hidup Metropolis. Jakarta: Kompas

Susanto, B. (2005). Penghibur(An) Masalalu Dan Budaya Hidup Masa Kini Indonesia. Yokyakarta: Kanisius

Sutomo, D. (2006). Cara Pintar Menembus Pasar. Jakarta: Republika

Widyatama, R. (2006). Bias Gender dalam Iklan Televisi. Yogyakarta: Media Pressindo

Operations, Inc. (2007). Majority of Coffee Drinkers Rate Their Morning Cup as More Important Than Sleep, Food or Proper Hygiene. Retreived 3 Oktober 2013 from http://www.businesswire.com/news/home/20070131005199/en/Majority-Coffee-Drinkers-Rate-Morning-Cup-Important

Zaimar, O. K. S. (2009). Telaah Wacana. Jakarta: Interkultural Institute


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI