Star Studies : Ivan Gunawan
(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui citra diri apa yang dikonstruksikan oleh Ivan Gunawan, karena Ivan Gunawan merupakan selebriti sekaligus desainer ternama Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode star studies dengan melihat visual, verbal dan non-verbal Ivan Gunawan melalui portal berita online Tribunnews.com dan channel Youtube Boy William, Youtube TransTV, Youtube Ivan Gunawan serta Instagram pribadi Ivan Gunawan. Image yang dikonstruksikan oleh Ivan Gunawan adalah image bahwa ia merupakan seseorang berkarakteristik feminin melalui image halu, konsumtif dan peduli (caring) yang ia konstruksikan melalui media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : Jejak
Birowo, M. A. (2016). Mengembangkan Kompetensi Etis di Lingkungan Kita. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia
Dagun, S. (1992). Feminin dan Maskulin. Yogyakarta : Yayasan Kanisius
Dlilurrohmah, V. W., Umami, G., Wakhid., Maqruf., Aulia. (2021). Fenomena Perilaku Masyarakat di Era COVID-19 dalam Kajian Sosiologis. Jakarta : Guepedia
Dyer, R. (1998). Stars – New Edition. London : British Film Institute.
Elfiky, I. (2009). Terapi berpikir positif. Jakarta : zaman
Handayani, C. S., Novianto, A. (2004) Kuasa Wanita Jawa. Yogyakarta : Lkis Pelangi Askara
Hartatik, Y. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di Kantin Kejujuran. Malang : Gunung Samudera
Imran, A., H. (2013). Telaah Filsafat Ilmu Berbasis Elemen Epistemologi. Jurnal Kominfo, 197- 218.
Irma, A., Anggun., Febrian., Ani., Lifa., Astriadi., Canedya., Aslikhatun., Dana., Inggit., Devina., Pravita., Devita., Anisatul., Dewi., Azis., Febri, D., Mila., Dwi., Hidayatullah., Fikri., Hunain., Franggi., Arifin., Khusnul., Lusa., Maulana., Aji., Reristantya., Lilyana., Rhisma., Umay., Rinal., Kahrudin., Vidis, R., Dia., Harun, R., Sultan, T., Widjan., Anisa., Zainuddin. (2016). POST MODERN Dalam Pemikiran Anak Muda. Malang : Media Nusantara Creative
Latief, R., Utud, Y. (2017). Menjadi Produser Televisi : PROFESIONAL MENDESAIN PROGRAM TELEVISI. Jakarta : KENCANA
Lim, H. (2008). RAISE YOU UP. Jakarta : Elex Media Komputindo
Muhith, A. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Andi Offset
Panggabean, N. S. (2019, December 18). PENGKAJIAN KEPERAWATAN UNTUK PASIEN
DENGAN GANGGUAN HALUSINASI. https://doi.org/10.31227/osf.io/gm85s
Sangkanparan, H. (2012). Mencetak Superman Masa Depan. Jakarta : Visimedia
Stokes, J. (2003). How to do media and cultural studies. California : SAGE.
Stokes, J. (2006). How to do media and cultural studies : Panduan untuk melaksanakan penelitian dalam kajian media dan budaya. (Astuti, S. I.) How to do media and cultural studies (Original work published 2003)
Sumarwan, U., Jauzi, A., Mulyana, A., Karno, B. N., Mawardi, P. K., Nugroho, W. (2011). Panduan Riset dan Kajian : Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Persepsi Risiko. Bogor : IPB Press
Wardani, L. M. I., Anggadita, R. (2021). Konsep Diri dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Pekalongan : NEM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI