Star Studies : Ivan Gunawan

Nurul Amalina Yatim(1*), Fanny Lesmana(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui citra diri apa yang dikonstruksikan oleh Ivan Gunawan, karena Ivan Gunawan merupakan selebriti sekaligus desainer ternama Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode star studies dengan melihat visual, verbal dan non-verbal Ivan Gunawan melalui portal berita online Tribunnews.com dan channel Youtube Boy William, Youtube TransTV, Youtube Ivan Gunawan serta Instagram pribadi Ivan Gunawan. Image yang dikonstruksikan oleh Ivan Gunawan adalah image bahwa ia merupakan seseorang berkarakteristik feminin melalui image halu, konsumtif dan peduli (caring) yang ia konstruksikan melalui media.


Keywords


star studies, konstruksi image, ivan gunawan

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : Jejak

Birowo, M. A. (2016). Mengembangkan Kompetensi Etis di Lingkungan Kita. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia

Dagun, S. (1992). Feminin dan Maskulin. Yogyakarta : Yayasan Kanisius

Dlilurrohmah, V. W., Umami, G., Wakhid., Maqruf., Aulia. (2021). Fenomena Perilaku Masyarakat di Era COVID-19 dalam Kajian Sosiologis. Jakarta : Guepedia

Dyer, R. (1998). Stars – New Edition. London : British Film Institute.

Elfiky, I. (2009). Terapi berpikir positif. Jakarta : zaman

Handayani, C. S., Novianto, A. (2004) Kuasa Wanita Jawa. Yogyakarta : Lkis Pelangi Askara

Hartatik, Y. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter di Kantin Kejujuran. Malang : Gunung Samudera

Imran, A., H. (2013). Telaah Filsafat Ilmu Berbasis Elemen Epistemologi. Jurnal Kominfo, 197- 218.

Irma, A., Anggun., Febrian., Ani., Lifa., Astriadi., Canedya., Aslikhatun., Dana., Inggit., Devina., Pravita., Devita., Anisatul., Dewi., Azis., Febri, D., Mila., Dwi., Hidayatullah., Fikri., Hunain., Franggi., Arifin., Khusnul., Lusa., Maulana., Aji., Reristantya., Lilyana., Rhisma., Umay., Rinal., Kahrudin., Vidis, R., Dia., Harun, R., Sultan, T., Widjan., Anisa., Zainuddin. (2016). POST MODERN Dalam Pemikiran Anak Muda. Malang : Media Nusantara Creative

Latief, R., Utud, Y. (2017). Menjadi Produser Televisi : PROFESIONAL MENDESAIN PROGRAM TELEVISI. Jakarta : KENCANA

Lim, H. (2008). RAISE YOU UP. Jakarta : Elex Media Komputindo

Muhith, A. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Andi Offset

Panggabean, N. S. (2019, December 18). PENGKAJIAN KEPERAWATAN UNTUK PASIEN

DENGAN GANGGUAN HALUSINASI. https://doi.org/10.31227/osf.io/gm85s

Sangkanparan, H. (2012). Mencetak Superman Masa Depan. Jakarta : Visimedia

Stokes, J. (2003). How to do media and cultural studies. California : SAGE.

Stokes, J. (2006). How to do media and cultural studies : Panduan untuk melaksanakan penelitian dalam kajian media dan budaya. (Astuti, S. I.) How to do media and cultural studies (Original work published 2003)

Sumarwan, U., Jauzi, A., Mulyana, A., Karno, B. N., Mawardi, P. K., Nugroho, W. (2011). Panduan Riset dan Kajian : Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Persepsi Risiko. Bogor : IPB Press

Wardani, L. M. I., Anggadita, R. (2021). Konsep Diri dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Pekalongan : NEM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI