Analisis Isi Tweet ENHYPEN (@enhypen) Dalam Melakukan Social Media Branding Untuk Berkomunikasi Dengan Fans
(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran social media branding yang dilakukan oleh ENHYPEN di Twitter. Twitter dipakai oleh ENHYPEN sebagai media komunikasi dengan penggemar. Unggahan yang digunakan dalam penelitian adalah kicauan yang dibagikan pada 1 Januari 2022 - 31 Januari 2022. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat social media branding yang ditampilkan oleh EHYPHEN pada media sosial Twitter. Pada penelitian yang sudah dilakukan, ENHYPEN menampilkan penggunaan media sosial ditemukan 4 dimensi dari social media branding. Peneliti menemukan temuan baru pada tweet ENHYPEN dominan menggunakan konsep tagar sebagai simbol untuk melakukan branding pada tweet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kim, T. & Phua, J. (2020). Effects of Brand Name versus Empowerment Advertising
Campaign Hashtags in Branded Instagram Posts of Luxury versus Mass-market Brands. Journal of Interactive Advertising, 1–37. doi:10.1080/15252019.2020.1734120
Kriyantono, R. (2021). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif (2nd ed.). Prenada Media Group.
Ramkumar, R., Kumar, A., Janakiraman, R. and Bezawada, R. (2013). The effect customer's social media participation on customer Visit frequency and profitability
:An empirical investigation Information System Research, 24(1), 108-127.https://doi.org/10.1287/isre.1120.0460
Romano, A. (2020, June 22). How K-pop fans are weaponizing the internet for Black Lives Matter.
https://www.vox.com/2020/6/8/21279262/k-pop-fans-black-lives-matter-fancams-youtub
ers-protest-support
Rowles, D. (2014). Digital Branding:A Complete Step-by-StepGuide to Strategy, Tactics and
Measurement. Kogan Publisher.
Wong, Z. (2020). Authentic Self Branding on Social Media and Its Effects on Global Cultural
Flows: a case study of K-pop group SuperM. [Undergraduate Thesis, Simon Faster University]. http://summit.sfu.ca/system/files/iritems1/20763/etd21075.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI