Analisis Isi Tweet ENHYPEN (@enhypen) Dalam Melakukan Social Media Branding Untuk Berkomunikasi Dengan Fans

Nathania Jovita(1*), Fanny Lesmana(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran social media branding yang dilakukan oleh ENHYPEN di Twitter. Twitter dipakai oleh ENHYPEN sebagai media komunikasi dengan penggemar. Unggahan yang digunakan dalam penelitian adalah kicauan yang dibagikan pada 1 Januari 2022 - 31 Januari 2022. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat social media branding yang ditampilkan oleh EHYPHEN pada media sosial Twitter. Pada penelitian yang sudah dilakukan, ENHYPEN menampilkan penggunaan media sosial ditemukan 4 dimensi dari social media branding. Peneliti menemukan temuan baru pada tweet ENHYPEN dominan menggunakan konsep tagar sebagai simbol untuk melakukan branding pada tweet.


Keywords


Pesan, Twitter, social media branding, social media communication, branding communication

Full Text:

PDF

References


Kim, T. & Phua, J. (2020). Effects of Brand Name versus Empowerment Advertising

Campaign Hashtags in Branded Instagram Posts of Luxury versus Mass-market Brands. Journal of Interactive Advertising, 1–37. doi:10.1080/15252019.2020.1734120

Kriyantono, R. (2021). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif (2nd ed.). Prenada Media Group.

Ramkumar, R., Kumar, A., Janakiraman, R. and Bezawada, R. (2013). The effect customer's social media participation on customer Visit frequency and profitability

:An empirical investigation Information System Research, 24(1), 108-127.https://doi.org/10.1287/isre.1120.0460

Romano, A. (2020, June 22). How K-pop fans are weaponizing the internet for Black Lives Matter.

https://www.vox.com/2020/6/8/21279262/k-pop-fans-black-lives-matter-fancams-youtub

ers-protest-support

Rowles, D. (2014). Digital Branding:A Complete Step-by-StepGuide to Strategy, Tactics and

Measurement. Kogan Publisher.

Wong, Z. (2020). Authentic Self Branding on Social Media and Its Effects on Global Cultural

Flows: a case study of K-pop group SuperM. [Undergraduate Thesis, Simon Faster University]. http://summit.sfu.ca/system/files/iritems1/20763/etd21075.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI