Sikap di Kalangan Perokok Dewasa di Surabaya tentang Pesan Kampanye Akibat Merokok di Bungkus Rokok

Ivan Harijadi(1*), Gatut Priyowidodo(2), Desi Yoanita(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pesan kampanye akibat merokok yang terdapat di bungkus rokok terhadap sikap perokok dewasa di Surabaya. Sampel penelitian adalah perokok dewasa di Surabaya. Penelitian menggunakan metode survey dengan menyebar kuesioner kepada perokok dewasa di Surabaya. Hasil penelitian menemukan bahwa pesan kampanye yang dilakukan kepada kalangan perokok dewasa dengan bentuk gambar menyeramkan pada bungkus rokok tidak berpengaruh terhadap sikap perokok itu sendiri. Hal ini ditunjukkan dengan hasil dari riset peneliti yang menunjukkan bahwa responden sadar akan adanya pesan kampanye tersebut dan paham akan bahaya merokok namun tidak terlalu memperdulikannya dan tetap merokok.


Keywords


sikap perokok, bungkus rokok, akibat merokok

Full Text:

PDF

References


Ana R, A. E., Bungin, B., & Novaria, R. (2018). Pengaruh Pesan Komunikasi Pada Kemasan Rokok Terhadap Sikap Perokok Muda Di Kota Surabaya. 4(01). https://doi.org/10.30996/representamen.v4i01.1427

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2003). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Badan Khusus Pengendalian Tembakau. (2020). Fakta Tembakau: : Data Empirik untuk Pengendalian Tembakau. Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat.

Badan Pusat Statistik. (2021). https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/YW40a21pdTU1cn JxOGt6dm43ZEdoZz09/da_03/1

Hovland, Carl, I., Janis, I. K., & Harold H., K. (1953). Communication and Persuasion. Yale University Press.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga.

Muyasaroh, S. (2013). Kampanye Perubahan Sosial (Kesadaran Masyarakat, Aspek Perubahan Kognitif dan Prilaku). Heritage, 2(1).

Ruslan, R. (2005). Manajeman Public Relations dan Media Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Takari, M. (2019). Memahami Ilmu Komunikasi.

Yanti Setianti. (2019). Kampanye Dalam Merubah Sikap Khalayak. Morality : Jurnal Ilmu Hukum, 5(2), 10–118.

Yudrik, J. (2011). Psikologi Perkembangan. Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI