Tingkat Pengetahuan Pengguna Instagram Terhadap Brand Identity Harletté

Felicia Kosasih(1*), Ido Prijana Hadi(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Brand identity merupakan salah satu komponen brand dan persepsi konsumen yang dipengaruhi oleh strategi komunikasi yang digunakan suatu perusahaan. Brand identity memiliki elemen yaitu nama brand, logo brand, dan trademark brand. Brand identity menjadi penting bagi suatu perusahaan karena mempengaruhi ekuitas dan loyalitas terhadap suatu merek. Dalam penelitian ini, akan dilakukan pengukuran tingkat pegetahuan pengguna Instagram terhadap brand identity Harletté. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode penelitian e- survei yang dibagikan kepada 100 responden pengguna Instagram yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus- Organism-Response (S-O-R), tingkat pengetahuan, dan brand identity. Hasil akhir dari penelitian ini secara keseluruhan adalah pengguna Instagram memiliki tingkat pengetahuan yang tinggi mengenai brand identity Harletté. Hal ini terjadi karena Harletté secara konsisten menyampaikan brand identity di media promosi utamanya, Instagram, dan juga konsisten dalam melakukannya.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Brand Identity, Marketing Public Relations, Teori SOR, Harletté

Full Text:

PDF

References


Abadi, Saka, & al., e. (1994). Marketing public relations upaya memenangkan persaingan. Jakarta: Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Bungin, B. (2009). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Cutlip, S. M., Center, A. H., Broom, G. M., & Sha, B. (2013). Effective Public Relations (11th

ed.). San Diego: Pearson.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku Konsumen (8th ed.). (F. X. Budiyanto, Trans.) Jakarta: Binarupa Aksara.

Haasiani, N. (2021, March 25). Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing. Retrieved from Compas: https://compas.co.id/article/data-penjualan-kosmetik/

Instagram. (2022). What is Instagram? Retrieved February 5, 2022, from Instagram Help Centre: https://help.instagram.com/424737657584573

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing communications: Taktik dan strategi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Mecadinisa, N. (2019, January 3). Tren Skincare yang Marak di Tahun 2019. Retrieved from Beauty Fimela: https://www.fimela.com/beauty/read/3861434/tren-skincare-yang-marak-di- tahun-2019

Naeini, A. B., Mosayebi, A., & Hamidi, A. (2017, March). A study of brand identity and its impact on brand loyalty and brand equity. International Journal of Contemporary Applied Sciences, 4(3), 95-104.

NapoleonCat. (2021, December). Instagram Users in Indonesia - December 2021. Retrieved from NapoleonCat: https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/12/

Pamujiningtyas, K. (2021, September 2021). Brand Kecantikan Lokal yang Makin Diminati di Masa Pandemi. Retrieved from kumparan.com: https://kumparan.com/kumparanwoman/brand-kecantikan-lokal-yang-makin-diminati-di- masa-pandemi-1wXVFr66S8G/full

Pathak, C., & Deshmukh, R. (2022). Indonesia Skin Care Products market by Type (Face Care, Body Care, Eye Care, Lip Care and Others), By demographic (Male and Female), by Age Group (Generation X, Millennial, and Generation Z) and by Sales Channel (Supermarket/Hypermarket, Specialty Stores,. Allied Market Research. Retrieved from https://www.alliedmarketresearch.com/indonesia-skin-care-products-market-A06724

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sehl, K. (2021, January 27). Instagram Demographics in 2021: Important User Stats for Marketers. Retrieved from Hootsuite Blog: https://blog.hootsuite.com/instagram- demographics/

Tuckwell, K. J. (2004). Canadian Marketing in Action (6th ed. ed.). Canada: Pearson Education Canada.

Tuckwell, K. J. (2017). Integrated Marketing Communications: Strategic Planning Perspective (5th ed. ed.). Toronto: Pearson Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI