Citra Taylor Swift pada Tahun 2016-2021

Magdeline Priscilia Purwanto(1*), Astri Yogatama(2), Inri Inggrit Indrayani(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra yang dimiliki Taylor Swift sebagai musisi dan publik figur pada tahun 2016 – 2021. Sebagai sosok yang hidup di hadapan publik,

dengan kelangsungan karir Swift. Peneliti menggunakan metode historiografi untuk mengetahui

citra berkaitan erat

bagaimana citra Taylor Swift pada tahun 2016-2021 dalam dua media massa pilihan yang memotret citra Taylor Swift sebagai musisi dan publik figur: Billboard.com dari sisi musik dan Buzzfeed.com dari sisi personal. Data dalam penelitian ini adalah berbagai pemberitaan Taylor

Swift pada 2016-2021 pada Billboard.com dan Buzzfeed.com.

Hasil analisis data menujukkan citra terbentuk dari faktor eksternal dan internal, lagu sebagai medium pembawa pesan dalam strategi komunikasi, komunikator yang efektif memahami publiknya, komunikasi verbal dan non-verbal memegang peranan penting, serta citra personal yang negatif tidak selalu berujung pada citra profesional yang negatif pula. Relasi antara Swift dan publiknya mengalami dinamika yang tidak lepas dari peran Entertainment Public Relations (PR) dan pemberitaan media. Dalam proses berkembangnya citra, peneliti menemukan elemen pembentuk

citra, jenis citra, dan restorasi citra yang saling mempengaruhi dalam citra itu sendiri.


Keywords


Citra, Entertainment Public Relations, strategi komunikasi, media massa, publik

Full Text:

PDF

References


Ames, C. (2016). Entertainment public relations: Communicating with Audiences. New York, USA: Peter Lang Publishing, Inc.

Atkinson, K. (2021, November 15). Which Album Should Taylor Swift Re-Record Next? Vote!. Retrieved from https://www.billboard.com/music/pop/taylor-swift-next-album-re-record- vote-poll-9660358/

Caulfield, K. (2012, October 31). Taylor Swift’s ‘Red’ Already Third-Biggest Album of 2012. Retrieved from https://www.billboard.com/music/music-news/taylor-swifts-red-already- third-biggest-album-of-2012-474393/

Choe, J. (2014, February 25). How Buzzfeed is Like a Parisian Café. Retrieved from https://harvardpolitics.com/buzzfeed-cafe/

Daymon, C., Holloway, I. (2011). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. New York, USA: Routledge.

Eisenegger, M. (2008). The true, the good and the beautiful: reputation management in the media society. Public Relations Research: European and International Perspectives and Innovation, 125-146.

Fursich, E. (2010). Media and the representation of others. International Social Science Journal, 6(1), 113-130.

Galloway, C. (2005). Hot bullets, cool media: The Middle East’s high stakes media war. Journal of Communication Management, 9(3), 233-245.

Hansen, B. (2019, July 19). “Top Gun: Maverick” is Coming. Here’s how the Pentagon was involved. Retrieved from https://www.bizjournals.com/washington/news/2019/07/19/top- gun-maverick-is-coming-heres-how-the-pentagon.html

Harrison, G. A. (2007). Communication Strategies as a Basis for Crisis Management Including Use of the Internet as a Delivery Platform. (Dissertation). Retrieved from https://scholarworks.gsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1021&context=english_diss

Iriantara, Y. (2005). Media Relations: Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung, Indonesia: Simbiosa Rekatama Media.

Jefkins, F. (2007). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta, Indonesia: PT. Gelora Aksara Pratama. Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand

Equity 4th Edition. London, UK: Pearson.

Kuschminder, R. (2020, August 2). Who Is Taylor Swift’s Publicist? Meet Tree Paine, PR Pro Who

Manages TSwift’s Image. Retrieved from https://www.yourtango.com/2020331632/who-

taylor-swift-publicist-tree-paine

Mamo, H. (2021, March 14). Taylor Swift Wins Album of the Year For ‘Folklore’ 2021 Grammy Awards. Retrieved at https://www.billboard.com/music/awards/taylor-swift-wins-album- of-the-year-2021-grammy-awards-folklore-9540496/

McQuail, D. (1987). Mass Communication Theory. Jakarta, Indonesia: Erlangga.

Nova, F. (2009). Crisis Public Relations. Jakarta, Indonesia: Grasindo.

Pareno, A. (2002). Kuliah Komunikasi Pengantar dan Praktek. Surabaya, Indonesia: PPYRUS. Powell, L. A. (2019, August 20). Wildest Dream? Far From: Why Taylor Swift Is a PR Role Model.

Retrieved from https://prsay.prsa.org/2019/08/20/wildest-dreams-far-from-why-taylor-

swift-is-a-pr-role-model/

Prayudi. (2016). Manajemen Isu & Krisis. Yogyakarta, Indonesia: LPPM UPN Veteran Yogyakarta. Soemirat, S., Ardianto, E. (2007). Dasar-dasar Public Relations. Bandung, Indonesia: PT. Remaja

Rosdakarya.

The International Trade Administration. (2020). Media & Entertainment. Washington, D.C., USA:

The International Trade Administration.

Yogatama, A. (2018). Penelitian Sejarah Relasi Publik: Konsep dan Metodologi. Jurnal

SCRIPTURA, 8(1), 1-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI