Efektivitas Pesan #MenujuKulitSehat di Instagram Harletté terhadap Followers Instagram Harletté

Felicia Clairine Ariella(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Efektivitas merupakan ukuran hasil kerja tugas atau keberhasilan dalam mencapai tujuan. Sebuah usaha dapat dikatakan efektif ketika usaha tersebut mencapai tujuannya karena efektivitas dapat dipahami sebagai taraf tercapainya sebuah tujuan. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran efektivitas pesan #MenujuKulitSehat di Instagram Harletté terhadap followers Instagram Harletté. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode penelitian e-survei. E- survey dibagikan pada 100 responden yang merupakan followers Instagram Harletté dengan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori S-O-R (Stimulus- Organisme-Respon), efektivitas, dan komunikasi pemasaran. Hasil akhir dari penelitian ini secara keseluruhan adalah pesan #MenujuKulitSehat yang disampaikan oleh Harletté di Instagram tidak efektif karena ada market Harletté yang belum terjangkau.


Keywords


Efektivitas pesan, teori SOR, komunikasi pemasaran, Harletté

Full Text:

PDF

References


Alfianti, D.T. (2020). Bukannya mulus, skin care justru bisa berbahaya jika dipakai berlapis sembarangan, kenapa ya. Retrieved from https://stylo.grid.id/read/142176294/bukannya mulus-skin care-justru-bisa-berbahaya-jika-dipakai-berlapis-sembarangan-kenapa ya?page=all

Batubara, J. R.(2010). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Jakarta : Sari Pediatri. Best, R. J. (2012). Market-Based Management (6th ed.). Harlow: Pearson Education.

Bobbitt, R., & Sullivan, R. (2009). Developing the Public Relations Campaign : A team-based approach. United States of America : Pearson Education.

Cahyono, (n.d.). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia.Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79.

Cangara, H. 2012. Pengantar Imu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.

Casaló, L. V., Flavián, C., & Ibáñez-Sánchez, S. (2018). Influencers on Instagram: Antecedents

and consequences of opinion leadership. Journal of Business Research, 117, 510-519.

doi:10.1016/j.jbusres.2018.07.005

Effendy. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media. Harris, T. L., (1993). The marketers guide to public relations : How todays top companies are

using the new PR to gain a competitive age. United States of America : Pearson Education. Lup, K., Trub, L., & Rosenthal, L. (2015). Instagram #Instasad?: Exploring associations among

Instagram use, depressive symptoms, negative social comparison, and strangers followed. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 18(5), 247–252. doi:10.1089/cyber.2014.0560

Mulyana, D. (2017). Ilmu komunikasi : suatu pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Mulyana, D. (2000). Relasi Dengan Sesama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Purnomo, C., Yanti, M., & Widyassari, P. (2021). Pemilihan Produk skin care Remaja Milenial Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 3(01), 32–41. https://doi.org/10.46772/intech.v3i01.415

Rossiter, J. R., Percy, L., & Bergkvist, L. (2018). Marketing Communications : Objectives, strategy, tactics. British Library : Sage Publication.

Roza, P. P., & Suhendra, A. (2018). Analisis efektivitas promosi guten.inc bandung pad social media instagram terhadap keputusan pembelian menggunakan metode customer response index (cri). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/vie w/7801

Ruruk, A. (2021). Analysis of the Effectiveness of Tokopedia's Social Media Advertisements for Indonesian Shopping Time (WIB) using the Customer Response Index (CRI) Method (Study on Undergraduate Management Students, FEB UNM) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Santrock, J.W. (2013). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarasa, A. B. (2021). Permintaan skin care tembus 70%, tren kosmetik 2021 bakal tumbuh pesat. Retrieved from

https://daerah.sindonews.com/read/350478/701/permintaan-skin care-tembus- 70-tren-kosmetik-2021-bakal-tumbuh-pesat-1614582187

Soeharto. (1995). Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta :

Erlangga.

Susanti, R. (2021). 2021, Jumlah brand kosmetik lokal naik pesat. Retrieved from

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/22/164957920/2021-jumlah-brand-

kosmetik-lokal-naik-pesat

Syauki, W. R. & Avina, D. A. A. (2020). Persepsi dan preferensi penggunaan skin

care pada perempuan millenial dalam perspektif komunikasi pemasaran. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen- komunikasi/article/download/25719/pdf

Wanita Indonesia Tak Mau Lagi Punya Kulit Putih. (2020). Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200117124252-277- 466233/wanita indonesia-tak-lagi-mau-punya-kulit-putih

Wulandari, A., & Lutfiyati, N. L. (2018). The Effectiveness of Using Instagram@ Larissacenter Accounts as Advertising Media for Larissa Aesthetic Center Based on the Customer Response Index (CRI) Method. Communication Journal Channel, 6(2), 177-182.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI