Efektivitas Iklan The Best Thursday pada Media Sosial Instagram KFC Indonesia

Kezia Novelia(1*), Fanny Lesmana(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kenaikan pengunaan instagram terus meningkat membuat perusahaan memanfaat kan media sosial instagram sebagai media iklan. KFC merupakan salah satu perusahaan cepat saji yang memanfaatkan media sosial instagram untuk mengiklankan produknya. Salah satu jenis iklan KFC yang cukup sering ditampilkan dalam periode penelitian ini adalah jenis iklan The Best Thursday. The Best Thursday merupakan iklan dalam instagram KFC yang menawarkan berbagai jenis paketan berbeda-beda yang hadir disetiap hari Kamis. Rumusan masalah yang dipilih dalam penelitian ini adalah Efektifitas Iklan The Best Thursday. Efektivitas Instagram diukur menggunakan Customer Respon Index (CRI), dimana responden diukur dalam berbagai tingkatan. Mulai dari awareness, comprehend, interest, intentions dan action. Tingkatan respons inilah yang nantinya digunakan untuk mengukur efektivitas iklan The Best Thursday. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode survey, dengan menyebarkan kuesioner online kepada 100 responden. Responden dalam penelitian ini merupakan pengikut instagram KFC yang berusia 16-23 tahun. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa jenis fitur instagram berkaitan dengan efektif dan tidak efektifnya iklan tersebut. Hal ini ditunjukan melalui hasil dari penelitian ini menunjukan mayoritas responden menjawab iklan dalam video reels membuat mereka dapat awareness, comprehend, interest, intentions dan action dalam iklan TBT. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan pada tingkatan action dinilai tidak efektif, namun bila disesuaikan pada inti pesan The Best Thursday , iklan tersebut dinilai efektif karena berhasil mencapai tingkat interest sesuai dengan tujuan dalam iklan The Best Thursday.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, efektivitas, sosial media, Instagram, Customer Response Index (CRI).

Full Text:

PDF

References


APJII. (2021). Survei Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia. Retrieved from https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI79Januari20211.pdf

Belch, George E. & Michael A. Belch. (2015) Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. 10th edition. Boston: McGraw-Hill Irwin.

Cannon, Joseph P. Dkk (2009). Pemasaran Dasar Ed 16. Jakarta: Salemba Empat.

Cutlip, Center & Broom. 2006. Effective Public Relations (Edisi kesembilan). Jakarta: Kencana

Chandra, Fedora Evelyn. 2018. Efektivitas iklan KFC Salted Egg Chicken terhadap masyarakat Surabaya. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=43043

Durianto, dkk. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif: Strategi, program dan Teknik pengukuran. Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama

KFC Indonesia. Retrieved from https://www.instagram.com/kfcindonesia/?hl=en

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kurniawan, Ruth Angelita Jaya. 2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran KFC di Surabaya. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/6406

Neuman, W. Lawrence. (2012). Basics of social research: qualitative and quantitative approaces. Boston: Pearson Education, Inc.

Pusparisa, Yosepha. 2021. Inilah Merek Cepat Saji Terbaik di Indonesia pada 2021, Mana Kesukaanmu?. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/23/inilah -merek-cepat-saji- terbaik-di-indonesia-pada-2021-mana- kesukaanmu#:~:text=YouGov%20menempatkan%20Kentucky%20Fried%20Chicken, dua%20dengan%2030%2C6%20poin.

Rizaty, Monavia Ayu. 2022. Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram-di-indonesia- bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021

Salamoon, DK. (2013). Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya di Dunia Maya. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Singarimbun, Masri danSofian Effendi. (1985). Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.

Suciadi, Ellysabeth. Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Program Corporate Social Responsibility KFC Indonesia #Nostrawmovement. 2019. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/10890

Supranto, J. 2000. Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabera

Tiofani, Krisda. 2021. Restaurant Cepat Saji Terkenal Di Indonesia. Retrieved from https://www.kompas.com/food/read/2021/10/20/170400475/10-restoran-cepat-saji- terkenal-di-indonesia-harga-menu-mulai-rp-8000?page=all


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI