Brand Awareness Masyarakat Perempuan di Kota Surabaya terhadap Brand La Tulipe Cosmetiques

Laurensia Sherin Hadi(1*), Gatut Priyowidodo(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


La Tulipe merupakan salah satu brand kecantikan lokal yang sudah berdiri sejak tahun 1980. Saat ini La Tulipe mulai menyasar perempuan di usia 20-29 tahun sebagai target market mereka, setelah sebelumnya banyak dikenal oleh perempuan di usia 30 tahun keatas. La Tulipe mengkomunikasikan brand nya melalui empat brand elements, yaitu brand name, URL, logo & symbol, serta packaging. La Tulipe menggunakan strategi Marketing Public Relations untuk mengkomunikasikan brandnya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat tingkat kesadaran masyarakat perempuan di Kota Surabaya terhadap brand La Tulipe yang dilihat melalui keempat brand elements tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei online dan Google Form sebagai instrumennya. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat perempuan di Kota Surabaya terhadap brand La Tulipe masih berada pada tingkat brand recognition.


Keywords


Brand awareness, brand elements, perempuan

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity Capitalizing on the Value of a Brand Name.

About us. (n.d). Retrieved from https://latulipe-id.com/en/about-us/

Antara. (2021, January 23). Penduduk Jawa Timur Didominasi Generasi Z dan Milenial. Retrieved from https://www.jawapos.com/jpg-today/23/01/2021/penduduk-jawa-timur- didominasi-generasi-z-dan- milenial/#:~:text=Data%20Sensus%20Tahun%202020%20juga,ini%20berusia%2024%20s ampai%2039

Aprilia, D. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP. http://eprint.stieww.ac.id/724/1/144114875%20DANTY%20APRILLA%201-3.pdf

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (n.d). Proyeksi penduduk Kota Surabaya (jiwa), 2018-2020. Retrieved from https://surabayakota.bps.go.id/indicator/12/197/1/proyeksi-penduduk-kota- surabaya.html

Clow, Kenneth. E., & Baack, D. (2018). Integrated Advertising, Promotions, and Marketing Communications 8th Edition (8th ed.). Pearson.

Erlyana, Y. (2018). ANALISIS PERANAN DESAIN KEMASAN TERHADAP BRAND IDENTITY DARI SEBUAH PRODUK MAKANAN LOKAL INDONESIA DENGAN STUDI KASUS: PRODUK OLEH-OLEH KHAS BETAWI “MPO ROMLAH.” Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/328830440_ANALISIS_PERANAN_DESAIN_ KEMASAN_TERHADAP_BRAND_IDENTITY_DARI_SEBUAH_PRODUK_MAKAN AN_LOKAL_INDONESIA_DENGAN_STUDI_KASUS_PRODUK_OLEH- OLEH_KHAS_BETAWI_'MPO_ROMLAH'

Faadhilah, F. N. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Beauty Vlogger sebagai Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 133–142. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/25224

Fishkin, R. (2016, July 15). How to Choose A Domain Name. Retrieved from https://websitesetup.org/choose-domain-name/

Januariyansah, S. (2017). ANALISIS DESAIN LOGO BERDASARKAN TEORI: EFEKTIF DAN EFISIEN. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20543.97448

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity Fourth Edition.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. England: Pearson

Kusnandar, Suroso, I., & Prasodjo, A. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Label Halal Produk Kosmetik La Tulipe Terhadap Minat Konsumen Untuk Membeli Ulang di Kota Banyuwangi. Artikel Ilmiah Mahasiswa. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/69111

Marwan, M., Putri, T. A., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe di Kota Padang. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/5651

Rostanti, Q. (2021, March 17). Produk Kecantikan Lokal Makin Diminati Konsumen. https://www.republika.co.id/berita/qq43s5425/produk-kecantikan-lokal-makin-diminati- konsumen

Putri, A. (2018). PERKEMBANGAN PENGGUNAAN PRODUK KOSMETIK DI INDONESIA, 2016.

https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/download/2421/1908/#:~:text=konklusi %20sebagai%20berikut%3A-,1.,9%20triliun%20pada%20tahun%202015.

Santoso, V. M. (2018). TINGKAT BRAND AWARENESS MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP STORE LOCATION ESTEE LAUDER. Jurnal E-Komunikasi, 6(2).

Shey, C. (2021). The Ultimate SEO Training Manual: SEO For Wordpress Websites Praise for the Ultimate SEO Training Manual. KDP Print.

Shimp, T. A. (2007). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communications. America: South Western Cengage Learning

Silalahi, U. (2010). Metode Penelitian Sosial. PT Refika Aditama.

Sofia, M., & Permatasari, A. (2018, November 14). Kemasan Lucu Jadi Pertimbangan Wanita Saat Beli Kosmetik. Retrieved from https://www.viva.co.id/gaya-hidup/gaya/1094246- kemasan-lucu-jadi-pertimbangan-wanita-saat-beli- kosmetik?page=1&utm_medium=sebelumnya-1

Sucianingtyas, W. (2012). PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN MEDIA COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN . Management Analysis Journal, 1(1), 1–8.

Tandiawan, M. N. (2020). Analisis Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning Produk Kosmetik Merek La Tulipe Cosmetiques pada PT Rembaka [Universitas Kristen Petra]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=46589

Triwijayati, A. (2006). Segmentasi Pasar Produk Kosmetika Untuk Kulit Wajah di Surabaya. Widya Manajemen Dan Akuntansi, 6(3), 317–338. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/219460-sementasi-pasar-produk-kosmetika- untuk-k.pdf

UK Petra gelar seminar wawasan kebangsaan “Dari aku untuk Indonesiaku”. (2019, August 23). Retrieved from http://dwipekan.petra.ac.id/2019/08/23/uk-petra-gelar-seminar-wawasan- kebangsaan-dari-aku-untuk-indonesiaku/

Ukaj, F. (2016). The Role and Importance of Brand in the Marketing of Small and Medium-Sized Enterprises in Kosovo. International Journal of Marketing Studies, 8(6), 52. https://www.researchgate.net/publication/309958417_The_Role_and_Importance_of_Bran d_in_the_Marketing_of_Small_and_Medium-Sized_Enterprises_in_Kosovo

Zakiyah, N. (n.d.). PENGARUH DISPLAY PRODUK DAN MOTIVASI BELANJA BERDASARKAN KESENANGAN (HEDONIC) TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Suatu Survey Pada Konsumen CV Rabbani Asysa Jl Dipatiukur-Bandung). Retrieved May 30, 2022, from https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/769/jbptunikompp-gdl-nurulzakiy- 38411-9-nurul_za-l.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI