Self-Disclosure Transpuan kepada Orang Tua

Handry Christian Pramananta(1*), Desi Yoanita(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Transpuan ialah laki-laki yang merubah penampilannya menjadi seorang perempuan. Transpuan termasuk dalam kelompok LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transsexual) dan kelompok ini masih dianggap sebagai kaum minoritas di Indonesia. Self-Disclosure merupakan tindakan dari individu untuk menyingkapkan informasi yang hanya bisa disampaikan kepada orang-orang terdekat. Orang tua merupakan bagian dari keluarga, dan keluarga adalah lingkup sosial pertama yang akan ditemui oleh tiap-tiap individu. Self-Disclosure transpuan kepada orang tuanya menjadi topik dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini, yakni memahami pemaknaan pengalaman self-disclosure transpuan kepada orang tuanya. Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada dua narasumber Van dan Vel yang telah melakukan self-disclosure kepada orang tuanya. Penelitian ini menggunakan metode Fenomenologi untuk menjelaskan pemaknaan self-disclosure transpuan kepada orang tua. Tahapan dalam metode fenomenologi Clark E. Moustakas yakni epoché, phenomenological reduction, imaginative variation, dan synthesis of meaning and essence. Hasil dari penelitian ini adalah pemaknaan relasi antarpribadi dan penolakan gender lahiriah sebelum melakukan self-disclosure, dorongan untuk melakukan self-disclosure, serta dampak melakukan self-disclosure terhadap diri dan lingkungan sekitar. Self-disclosure yang dilakukan oleh kedua narasumber bukanlah bentuk perizinan, namun adanya keinginan untuk menyampaikan informasi terkait identitas gender yang sebenarnya. Kehadiran orang tua akan berimbas pada bentuk self- disclosure yang dilakukan oleh tiap individu.


Keywords


wawancara mendalam, transpuan, komunikasi orang tua-anak, fenomenologi.

Full Text:

PDF

References


Akhlaq, A., Malik, N. I., & Khan, N. A. (2013). Family Communication and Family System as the Predictors of Family Satisfaction in Adolescents. Science Journal of Psychology, 63(3), 130–136. https://doi.org/10.7237/sjpsych/258

Altman, I., & Taylor, D. A. (1973). Social penetration: The development of interpersonal relationships. Social Penetration: The Development of Interpersonal Relationships., January 2013, viii, 212–viii, 212.

Catona, D., & Greene, K. (2015). Self‐Disclosure. The International Encyclopedia of Interpersonal Communication, December 2015, 1–5. https://doi.org/10.1002/9781118540190.wbeic162

DeVito, J. A. (2015). Human Communication: The Basic Course (13th ed.). Pearson. www.ablongman.com/replocator

Furman, W., & Buhrmester, D. (1985). Children’s perceptions of the personal relationships in their social networks. Developmental Psychology, 21(6), 1016–1024. https://doi.org/10.1037//0012-1649.21.6.1016

Greene, K., Derlega, V. J., & Mathews, A. (2006). Self-Disclosure in Personal Relationships. In A. L. Vangelisti & D. Perlman (Eds.), The Cambridge Handbook of Personal Relationships (pp. 409–427). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511606632

Husserl, E. (1960). Cartesian Meditations: A Introduction to Phenomenology. 175.

Mills, F. C. (2019). Real and Ideal : Family Communication.

Moustakas, C. E. (1994). Phenomenological Research Methods (Paperback). Sage Publications, Inc. libgen.li/file.php?md5=1460dc1170f2959ec9e3a500860296a2

Pennington, N. (2015). Building and Maintaining Relationships in the Digital Age: Using Social Penetration Theory to Explore Communication through Social Networking Sites. ProQuest Dissertations and Theses, 140. https://search.proquest.com/docview/1695847200?accountid=14169

Polkinghorne, D. E. (1989). Phenomenological Research Methods. In R. S. Valle & S. Halling (Eds.), Existential-Phenomenological Perspectives in Psychology (pp. 41–60). Plenum Press. https://doi.org/10.4135/9781412995658

Purmiasa, S. E., Yoanita, D., & Budiana, D. (2020). Factors of Public Self-Disclosure Via Instagram Stories. 423(Imc 2019), 397–410. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.031

Runcan, P. L., Constantineanu, C., Ielics, B., & Popa, D. (2012). The Role of Communication in the Parent-Child Interaction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 904–908. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.221

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Social Psychology (12th ed.). Pearson Education Internasional. papers3://publication/uuid/D6E1C0D1-269D-42E1-9A55- E36D6B028C36

Tsuma, F., Mberia, P. H., & Muchunku, I. (2018). An assessment of the role of Interpersonal Communication Participants in child nutrition promotion in Kenya. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 8(6), 62–65. https://doi.org/10.29322/ijsrp.8.6.2018.p7810

Zabriskie, R. B., & McCormick, B. P. (2001). The influences of family leisure patterns on perceptions of family functioning. Family Relations, 50(3), 281–289. https://doi.org/10.1111/j.1741-3729.2001.00281.x


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI