Efektivitas Penggunaan Lifni Sanders sebagai Celebrity Endorser dalam Peluncuran 4 Shades Cushion di Akun Instagram @somethincofficial

Gwyneth Audrey Sutikno(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Berlatar dari kritikan Lifni Sanders dan sebagian besar masyarakat Indonesia mengenai stigma standar kecantikan di Indonesia yang dikonstruksi oleh media sosial sekaligus banyaknya cushion yang beredar baik dari dalam maupun luar negeri, Somethinc hadirkan cushion dengan 4 shades terbaru pada salah satu produknya yang dinamakan ‘Copy Paste Breathable Mesh Cushion’. Somethinc berkolaborasi dengan Lifni Sanders, yakni seorang beauty vloggers asal Papua yang sudah terjun dalam industri kecantikan sejak tahun 2013. Dikarenakan tidak semua endorsement pasti mendapatkan feedback yang sepadan dengan biaya yang dikeluarkan, maka penting bagi perusahaan untuk mengevaluasi celebrity endorser yang telah digunakan dalam menyampaikan pesan iklan di media sosial. Efektivitas celebrity endorser dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan model TEARS menurut Shimp (2006), yakni Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, dan Similarity. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan metode survei. Survei yang disebarkan secara online telah dilakukan pada 397 responden sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa penggunaan Lifni Sanders sebagai celebrity endorser dalam peluncuran 4 shades terbaru ‘Copy Paste Breathable Mesh Cushion’ Somethinc di akun Instagram @somethincofficial dapat dinyatakan efektif karena berada pada rentang skala 3.10<a<5.00. Indikator similarity tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan efektivitas pesan iklan selama indikator expertise menghasilkan jumlah mean tertinggi.


Keywords


pesan iklan, media sosial, model TEARS, Lifni Sanders, Somethinc

Full Text:

PDF

References


Anom, E. (2004). Public relations dalam kegiatan marketing. Jurnal Komunikologi, 1(1), 2-4.

Evelina, L. W. & Handayani, F. (2018). Penggunaan digital influencer dalam promosi produk (studi kasus akun Instagram @bylizzieparra). Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(1), 72.

Gibson. (2013). Manajemen sumber daya manusia. (Rev. ed.). Erlangga.

Hardilawati, W. L., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2019, January). Endorsement: Media pemasaran terkini. JIM UPB, 7(1), 89.

Kreativv. (2021). 5 fakta dan statistik digital marketing tahun 2021. https://kreativv.com/5-fakta- dan-statistik-digital-marketing-tahun-2021/

Kriyanto, R. (2008). Teknik praktis riset komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

McCracken, G. (1989). Who is the celebrity endorser? Cultural foundations of the endorsement process. Journal of Consumer Research, 16(3), 310-321.

Papasolomou, I., Thrassou, A., Vrontis, D., & Sabova, M. (2014). Marketing public relations: A consumer-focused strategic perspective. Journal of Customer Behaviour, 13(1), 7-9.

Rayakan keberagaman, brand lokal hadirkan cushion dengan 4 shades terbaru. (2020, December 17). Fimela Online. https://www.fimela.com/beauty/read/4435219/rayakan-keberagaman- brand-lokal-hadirkan-cushion-dengan-4-shades-terbaru-yang-cocok-untuk-kulit-orang- indonesia

Riaeni, I. (2017). Penggunaan media digital marketing sebagai media promosi pada akun @hijup.com. Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan, 4(1), 31-32.

Sarwono, J. (2014). Metode riset online: Teori, praktik, dan pembuatan aplikasi. Elex Media Komputindo.

Sanjaya, R. & Taringan, J. (2009). Creative digital marketing. Elex Media Komputido.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer behaviour (10 thed.). Prentice Hall.

Singarimbun, Masri, & Effendi, S. (2008). Metode penelitian survei. LP3ES.

Shimp, A. T. (2006). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communications. (Rev. ed. ). South-Western College Pub.

Somethinc. (2022). Profil Somethinc. https://www.linkedin.com/company/beautyhaul/?originalSubdomain=id

Shimp, A. T. (2007). Periklanan promosi. (Rev. ed. ). Erlangga.

Utarsih, H. (2014, September). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli kartu As. Jurnal ILMAN, 1(2), 107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI