Representasi Peran Ibu Sebagai Single Parent dalam Film “Yang Tak Tergantikan”

Michell Nathazya Tjhandy(1*), Agusly Irawan Aritonang(2), Megawati Wahjudianata(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Keluarga adalah sebuah unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki peran penting. Saat ini, fenomena single parent menjadi marak, sejalan dengan berubahnya gaya hidup dan modernisasi. Fenomena orangtua tunggal di Indonesia menjadi salah satu tema yang diangkat oleh berbagai media sebagai sarana informasi yang terjadi saat ini. Salah satunya adalah film. Salah satu film yang penuh akan fenomena adalah film yang berjudul “Yang Tak Tergantikan” karya Herwin Novianto. Film Yang Tak Tergantikan mengangkat latar belakang cerita dimana seorang ibu yang hidup bersama ketiga anaknya dan terpaksa harus menjadi tulang punggung keluarga karena suami yang tidak bertanggung jawab. Kajian melalui ‘tanda’ dalam film dapat dilakukan dengan berbagai tinjauan dan metode penelitian, salah satunya semiotika. Semiotika merupakan ilmu dan metode yang dipakai guna menganalisis tanda-tanda. Permasalahan ini kemudian menjadi kajian representasi perjuangan ibu single parent dalam film “Yang Tak Tergantikan.” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika. Berdasarkan temuan data, terdapat 19 adegan yang representatif dalam menjelaskan perjuangan ibu single parent dalam film. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat representasi peran ibu single parent dalam tanggung jawabnya terhadap keluarganya. Berdasarkan analisis dari level ideologi ditemukan ideologi feminisme, yang menjelaskan bahwa wanita memiliki kapabilitas yang mumpuni dalam mengambil peran dalam masyarakat dan keluarga


Keywords


Ibu Single Parent, Semiotika John Fiske, Level Realitas, Level Representasi, Level Ideologi, Feminisme.

Full Text:

PDF

References


Andhani, Widianto, Putri, Idola Perdini. (2017). Representasi Peran Ibu Sebagai Single Parent Dalam Film Sabtu Bersama Bapak (analisis Semiotika John Fiske Dalam Film Sabtu Bersama Bapak), Jurnal eProceedings of Management, Vol. 4 No, 3

Afiyanti, Yati. (2003). Persepsi Menjadi Ibu Yang Baik: Suatu Pengalaman Wanita Pedesaan Pertama Kali Menjadi Seorang Ibu. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 7, No. 2, September 2003; 54-60.

Danesi, M. (2011). Pesan, Tanda, dan Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Gunadi. (2006). Yang Tak Tergantikan. Retrieved from: http://www.telaga.org/artikel.php?

Diakses10-2-2006

Hall, Stuart. (1997). The Work of Representation. Theories of Representation: Ed. Stuart Hall. London. Sage publication. Hal 10-11.

Hall, Stuart. (2003). Representation, Cultural Representation and Signifiying practice. London : SAGE Publication

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Sari, I. P., Ifdil, I., & Yendi, F. M. (2019). Resiliensi Pada Single Mother Setelah Kematian Pasangan Hidup. SCHOULID Indones. J. Sch. Couns, 4(3), 76-82.

Irawanto, Budi. (1999). Film, Ideologi, dan Militer Hegemoni Militer dalam sinema Indonesia. Yogyakarta: Media Pressindo

Kemerinterian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2016). Berdayakan Ekonomi Keluarga. KEMENPPA. Retrieved from https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/30/62/berdayakan -ekonomi-keluarga.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Le Poire, A. Beth. (2006). Family Communication Nurturing and Control in a Changing World.

Nisa, Raisatun (2015). Persepsi Masyarakat Terhadap Orang Tua Tunggal (Single Parent) Studi Kasus Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Skripsi Universitas Syiah Kuala: Banda Aceh

Putri, Dine Aulian Rifanka (2021). Representasi Perjuangan Ibu Single Parent Tentang Tanggung Jawab Terhadap Anak Dalam Film Banyu. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Santrock, J. W. (2007). Child Development. Edisi Kesebelas Jilid 1 Terjemahan Mila Rahmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Segers, Rient. T. (2000). Evaluasi Teks Sastra. Terjemahan Suminto A. Sayuti. Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara.

Sethi, S. (1995). The dialectic in becoming a mother: Experiencing a postpartum phenomenon. Scand. J. Caring Sci, 9, 235-244.

Spencer, Thomas D & Kass, Norman. (1970). Perspectives in Child Psychology Research and Review. McGraw-Hill Book: New York.

Siyoto, Sandu, M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing

Yusuf, Syamsu (2007). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Zuhdi, M. S. (2019). Resiliensi Pada Ibu Single Parent. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 3, 141-160.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI