Efektivitas Pesan Kampanye Dog Meat Free Indonesia pada Followers Akun Instagram @davinaveronica

Elizabeth Medwinita Danielle(1*), Astri Yogatama(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pesan kampanye Dog Meat Free Indonesia pada followers akun Instagram @davinaveronica. Kampanye Dog Meat Free Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta mempersuasi masyarakat Indonesia untuk menghentikan perdagangan dan konsumsi daging anjing. Kampanye ini menyatakan bahwa konsumsi daging anjing meningkatkan penyebaran virus rabies. Selain itu, kampanye ini mengangkat suatu cara pandang yang lain pada audiensnya bahwa anjing merupakan sahabat manusia bukan hewan untuk dikonsumsi. Davina Veronica merupakan seorang aktivis lingkungan dan hewan yang aktif menyebarkan kampanye dog meat free Indonesia melalui akun Instagramnya yaitu @davinaveronica. Elemen-elemen untuk mengukur pesan kampanye adalah isi pesan dan struktur pesan. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas komunikasi dengan tiga indikator yaitu kognitif, afektif, dan konatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan mendistribusikan survei online kepada 100 responden menggunakan teknik non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukan efektivitas pesan kampanye Dog Meat Free Indonesia pada followers akun Instagram @davinaveroniva dikategorikan efektif.


Keywords


Efektivitas Pesan, Kampanye Public Relations, Dog Meat Free Indonesia

Full Text:

PDF

References


Gregory, A. (2010). Planning and Managing Public Relations Campaigns: a strategic approach. (3rd ed.). London: Koganpage

Lasswell, Harold (1948). Bryson, L., Ed. The Structure and Function of Communication in Society. The Communication of Ideas. New York: Institute for Religious and Social Studies, 117.

McCombes, S. (2019, September 19). Sampling Methods: Types and Techniques Explained. Retrieved from https://www.scribbr.com/methodology/sampling-methods/

Moerdijati, S. (2012) Pengantar ilmu komunikasi. Surabaya: Revka Petra Media.

Syabrina, R. A. N. (2018). Efektivitas dan Efisiensi Komunikasi pada Penyelenggaraan Festival Damar Kurung Gresik Tahun 2017. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Airlangga. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70857

Jhangiani, R., Tarry, H., & Stangor, C. (2022). Principles of social psychology (1st international H5P edition). BCcampus. https://opentextbc.ca/socialpsychology/

Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kamapanye Komunikasi. Bnadung Simbiosa, Rekatama Media.

Wu, Y. L., & Li, E. Y. (2018). Marketing mix, customer value, and customer loyalty in social commerce: A stimulus-organism-response perspective. Internet Research, 28(1), 74–104. https://doi.org/10.1108/IntR-08-2016-0250


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI