Pola Komunikasi Komunitas Virtual Pelayan GUPdI jemaat Pasar Legi Surakarta di Media Sosial Whatsapp

Fidelia Wiguna(1*), Gatut Priyowidodo(2), Ido Prijana Hadi(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pola komunikasi adalah sebuah bentuk komunikasi yang terjalin antar setiap anggotanya, dalam dunia yang pesat dengan perkembangan teknologi, pola komunikasi dapat terus berkembang dalam komunitas virtual melalui media sosial yang digunakan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang terbentuk dalam sebuah Komunitas Virtual “Pelayan Tuhan”yang didalamnya terdapat anggota pelayan Gereja Utusan Pantekosta Jemaat Pasar Legi Surakarta yang berjumlah 19 partisipan dalam media sosial Whatsapp. Informan dalam penelitian ini berjumlah 19 orang yang merupakan anggota dari komunitas virtual ‘Pelayan Tuhan’. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode Netnografi, dimana metode ini mengadaptasi teknik riset etnografi untuk mempelajari budaya dan komunitas yang terjadi dalam komunikasi termediasi komputer (computer mediated communications). Analisis penelitian ini menggunakan QSR Nvivo 12. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang digunakan dalam Komunitas Virtual “Pelayan Tuhan” GUPDI Ps Legi adalah Wheel Pattern, Circle Pattern, dan Star Pattern atau All Channel.


Keywords


Pola komunikasi, netnografi, komunitas virtual, computer mediated communications, organisasi Gereja.

Full Text:

PDF

References


Bayutiaro, N. (2017). Pola Komunikasi Komunitas Otaku Di Kota Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pola Komunikasi Komunitas Otaku di Kota Surakarta 2015). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–10.

Briliana, C. N. N., & Destiwati, R. (2019). Pola Komunikasi Virtual Grup Percakapan Komunitas Hamur “HAMURinspiring” Di Media Sosial Line. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 34. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12045

Juditha, C. (2018). Interaksi Simbolik Dalam Komunitas Virtual Anti Hoaks Untuk Mengurangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 19(1), 17. https://doi.org/10.31346/jpkp.v19i1.1401

Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing ethnographic research online. In M. Steele (Ed.), International Journal of Advertising (second edi, Vol. 29, Issue 2). Sage publication. https://doi.org/10.2501/S026504871020118X

Kozinets, R. V. (2016). Netnography Netnography : Seeking Understanding in a Networked Communication Society By York University , Toronto , Canada Chapter for The SAGE Handbook of Social Media Research Methods Edited by Anabel Quan-Haase and Luke Sloan First Draft Only. Advances in Consumer Research, 31(3), 1–290. https://doi.org/10.1002/9781118767771.wbiedcs067/CITATIONS

Lunenburg, F. C. (2011). Network Patterns and Analysis: Underused Sources to Improve Communication Effectiveness. National Forum Educational Administration and Supervision Journal, 28(4), 2–3.

Maylya, M., & Priyowidodo, G. (2018). Pola-pola Komunikasi dalam Komunitas Virtual Pengemudi Transportasi Online. E-Komunikasi, 4(1), 1–10.

Pratidana, D. (2017). Pola komunikasi melalui media sosial faceboook dan instagram terhadap grup youth proactive. Journal of Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42. https://doi.org/10.1136/ip.2010.029629

Priyowidodo, G. (2020). Monograf netnografi komunikasi: Aplikasi pada tiga riset lapangan (P. Vita (ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.

Saleh, R., & Thahir, S. (2019). Pola Komunikasi Pengguna Aplikasi Chatting (Studi Pada Komunitas Android Makassar). Jurnal Jurnalisa, 4(1), 91–105. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5623

Wardhana, R. D. (2013). Peran Pendidikan dalam Menangani Bertumbuhnya Masyarakat Maya (Virtual Community). https://www.slideshare.net/ThEGemBeLzWaitSomeone/192428- virtual-community?from_action=save


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI