Opini Masyarakat Surabaya Terhadap Kasus Tagihan Listrik Dari PLN Yang Melonjak Tinggi Tahun 2020

Alanus Yosua Renaldo(1*), Jandy Edipson Luik(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui opini masyarakat Surabaya terhadap kasus tagihan listrik PLN yang melonjak tinggi pada tahun 2020 ini. Kasus tagihan listrik ini telah perhatian publik dikarenakan naik-nya jumlah tagihan yang tergolong cukup tinggi yang dirasa merugikan masyarakat. Namun di tengah kasus ini ada perbedaan opini di masyarakat ada yang menganggap hal ini wajar dan ada juga yang menentang adanya kasus yang menimpa Perusahaan Listrik Negara tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan metode survei. Survei ini dilakukan terhadap 100 orang yang berasal dari masyarakat kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukan Opini Masyarakat Surabaya Terhadap Kasus Tagihan Listrik Dari PLN Yang Melonjak Tinggi Tahun 2020 cenderung netral dengan mendapatkan nilai akhir 3,36. Hasil dari penelitian ini tidak ada komponen yang bernilai negatif, semua komponen bernilai netral namun ada beberapa pernyataan yang bernilai positif seperti di cognition 1 dan 4, dan juga behaviour 3 dan 4. Netral bukan berarti responden tidak memihak setuju atau tidak setuju namun tanggapan positif maupun negatif diberikan berdasarkan pengalaman dan juga pengetahuan responden mengenai kasus tagihan listrik melonjak tinggi tahun 2020.


Keywords


Opini Publik, Korporat

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Oemi. (2001). Dasar - Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Bruning, Stephen & Ledingham, John. (1998). Organizationā€public relationships and consumer satisfaction: The role of relationships in the satisfaction mix. Journal Communication Research Reports. Vol 15. Pg. 198-208.

Cutlip, Scot M., Allen Center, dan Glen M. Broom. (2007). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Gusti, Merlion. (2020, June 11). Warga Protes Tarif PLN Naik, Warga Rela Antre Untuk Sampaikan Keluhan. Kompas TV. Retrieved July 8, 2020, from https://www.kompas.tv/article/86333/warga-protes-tarif-pln-naik-warga-rela-antre-untuk- sampaikan-keluhan

Indonesia. Perusahaan Listrik Indonesia. (n.d.). Inovasi dan penghargaan. Retrieved July 8, 2020, from https://web.pln.co.id/stakeholder/inovasi-dan-penghargaan

Jefkins, Frank. (1995). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rhenald. 2008. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Maulidiya, Pipit. (2020, June 10). Viral Tagihan Listrik Rp 20 Juta, Warga Malang Protes PLN Tapi Tetap Harus Bayar, Ini 5 Faktanya. Surya.co.id. Retrieved July 8, 2020, from https://surabaya.tribunnews.com/2020/06/10/viral-tagihan-listrik-rp-20-juta-warga-malang- protes-pln-tapi-tetap-harus-bayar-ini-5-faktanya?page=4

Merkelsen, Henrik. 2011. The Double-Edged Sword of Legitimacy in Public Relations. The Journal of Communication Management: Vol. 15, No. 2. Pg. 125-143.

Nicolazzo, Richard E; Nickson, Stephen. 2001. The Power of Public Opinion. Journal of Risk Management: Vol. 48. Pg. 41-46.

Seitel, Fraser, P. (2011). The Practice of Public Relations. New Jersey : Pearson Education, Inc.

Sevilla, Consuelo G. (1993). Pengantar metode penelitian. Jakarta: UI-Press.

Suhandang, Kustadi. (2004). Public Relations Perusahaan Kajian Program Implementasi. Bandung: Nuansa.

Treadwell, D., & Treadwell, J. B. (2005). Public relations writing: Principles in practice. Thousand Oaks, Calif: SAGE Publications.

Ulrich, Georges; Sachs, Sybille; Millet, Bruce. 2010. Perception, Reflection and Communication: an Empirical Case Study Within the Phamaceutical Industry. The journal of Corporate Governance: Vol. 10, No. 4. Pg. 432-444.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI