Representasi Hedonisme Dalam Film Orang Kaya Baru

Antonius Antonius(1*), Daniel Budiana(2), Megawati Wahjudianata(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena mengenai hedonisme dalam kehidupan secara luas dalam masyarakat seringkali terjadi tanpa disadari. Hedonisme juga secara umum bisa muncul karena keinginan sendiri dan akibat pergaulan bebas / orang lain. Fenomena hedonisme juga berkaitan dengan materialisme, dan konsumerisme. Hal ini juga sering digambarkan dalam dunia perfilman, salah satunya dalam film “ Orang Kaya Baru”. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah semiotika televisi John Fiske dengan 3 level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini hedonisme dalam film Orang Kaya Baru direpresentasikan sebagai orang yang tidak bisa berpikir panjang, sebagai cara untuk menaikan status sosial, sebagai cara untuk sombong dan kebanggaan tersendiri, juga berbagi kekayaan dan menutupi kekurangan, sebagai gaya hidup. Setiap orang yang melakukan hedonisme cenderung memiliki sikap sombong, membeli barang mahal secara berlebihan, egois dan tidak memperdulikan kepentingan orang lain ( individual).


Keywords


Representasi, Hedonisme, Semiotika, Film, egoisme, konsumerisme, individualisme.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, I. E. (2019, November 1). Republika.co.id. Retrieved September 19, 2020, from Republika.co.id: https://republika.co.id/berita/q0abgr349/jerat-hedonisme-di-kalangan- masyarakat

Bakti, I. S., Nirzalin, & Alwi. (2019). Konsumerisme Dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK.

Carmudi.co.id. (n.d.). Pilihan Warna Mobil Ternyata Bisa Menentukan Karakter Pemiliknya. Retrieved from Carmudi.co.id: https://www.carmudi.co.id/journal/pilihan-warna-mobil- karakter/#:~:text=Warna%20Mobil%20Merah,- Warna%20merah%20biasanya&text=Selain%20hitam%2C%20merah%20juga%20menyi ratkan,yakni%20'berkuasa'%20dan%20agresif.

detiknews. (2009, Februari 25). Apa Saja Gejala dan Penyebab Shopaholic? Retrieved from news.detik.com: https://news.detik.com/berita/d-1090420/apa-saja-gejala-dan-penyebab- shopaholic

H.Susianto. (1993). Studi Gaya Hidup Sebagai Upaya Mengenali Kebutuhan. Jurnal Psikologi dan Masyarakat, 55-76.

investopedia.com. (2021, Februari 13). The Psychology Behind Why People Buy Luxury Goods. Retrieved from investopedia.com: https://www.investopedia.com/articles/personal- finance/091115/psychology-behind-why-people-buy-luxury-goods.asp

Mangunhardjana. (1986). Pembinaan: Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius. mini.co.id. (n.d.). mini indonesia. Retrieved from mini.co.id:

https://www.mini.co.id/en_ID/home.html

Muhyidi, M. (2004). Remaja Puber di Tengah Arus Hedonis. In Remaja Puber di Tengah Arus

Hedonis (p. 56). Bandung: Mujahid Press.

Mutmainah, A. (2014). Representasi Fashion Sebagai Kelas Sosial Dalam Film The Devil Wears

Prada dan Confessions of a Shopaholic. 2.

Prasetyowati, O., & Linardi, A. (2017). Perencanaan Aplikasi Peninjau Ekspresi Wajah Tokoh

James Sullivan dalam Film Monster Inc. Jurnal Telematika, vol. 12 no. 1, Institut

Teknologi Harapan Bangsa, Bandung, 2.

Putra, T. J. (2018, November 9). Membeli MINI DIibaratkan Membeli Gaya Hidup. Retrieved

from gridoto.com: https://www.gridoto.com/read/221040467/membeli-mini-diibaratkan-

membeli-gaya-hidup

Riadi, M. (2019, Oktober 2). Gaya Hidup Hedonis. Retrieved November 1, 2020, from

Kajianpustaka.com: wwww.kajianpustaka.com

Russell, B. (2004). Sejarah Filsafat Barat. In B. Russell, Sejarah Filsafat Barat. Yogyakarta:

Pustaka Belajar.

Shaniba, T. (2020, Maret 10). Teknik Pengambilan Foto Yang Paling Umum Digunakan.

Retrieved from shanibacreative.com: https://shanibacreative.com/teknik-pengambilan-

foto-yang-paling-umum-digunakan/

Sholeh, A. (2017). The Relationship among Hedonistic Lifestyle, Life. Jurnal Internasional Ilmu

Sosial dan Kemanusiaan, Vol.7, No.9.

Sidiq, N. (2020, Desember 1). 15 Harga Mini Cooper Terbaru dan Terlengkap Desember 2020.

Retrieved from otosia.com: https://www.otosia.com/berita/mini-cooper-si-kecil-

bertenaga-dan-berharga-ekstra-kln.html

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan : Meneropong Imbas Pesan Iklan. Bandung:

Alfabeta.

tribunnews.com. (2018, mei 7). 3 Cara Duduk Menyilangkan Kaki Ini Ternyata Ungkap

Kepribadianmu, Kaki Kiri di Atas atau Sebaliknya? Retrieved from tribunnews.com: https://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/05/07/3-cara-duduk-menyilangkan-kaki-ini- ternyata-ungkap-kepribadianmu-kaki-kiri-di-atas-atau-sebaliknya

tumpi.id. (2017, Juni 4). 14 Tipe Shot Dalam Pengambilan Gambar Film. Retrieved from tumpi.id: https://tumpi.id/14-tipe-shot-dalam-pengambilan-gambar-film/

weplus.id. (2020, Desember 18). Mengenal Apa itu Hedonisme. Retrieved from weplus.id: https://weplus.id/article/mengenal-apa-itu-hedonisme-dan-ciri-cirinya-wajib- dipahami/253/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI