Brand Awareness Masyarakat Perempuan Surabaya Terhadap Brand LipGhost

Monica Felysia(1*), Felicia Goenawan(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


LipGhost merupakan salah satu kosmetik lokal yang berhubungan dengan magical dan magis yang baru saja melaunchingkan produknya pada tanggal 15 Desember 2020, peneliti tertarik untuk meneliti Brand Awareness. Brand Awareness adalah kesanggupan seseorang untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. LipGhost memiliki lima elemen brand yang berguna untuk mengkomunikasikan brandnya agar konsumen lebih aware terhadap brand LipGhost. Brand Awareness kegunaan yang penting bagi sebuah brand baru, sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Brand Awareness Masyarakat Perempuan Surabaya Terhadap Brand LipGhost yang diukur melalui kesadaran akan brand elements brand yang dimiliki LipGhost yaitu Brand Name, URL, Logo, Slogan, Packaging. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey. Peneliti membagikan kuesioner online (google form) kepada 100 responden yang merupakan masyarkat perempuan Surabaya yang berumur 18-24 tahun, dan memiliki dan aktif di Instagram & Facebook. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Awareness Masyarakat Perempuan Surabaya Terhadap Brand LipGhost ada pada tingkatan tertinggi yaitu, Top Of Mind.


Keywords


Brand Awareness, Brand Elements, Masyarakat Perempuan Surabaya, Marketing Public Relations.

Full Text:

PDF

References


Artaya, P. I. Purworusmiardi, T. (2015). Tingkat Pertumbuhan Pusat Perbelanjaan Modern Dan Dampaknya Terdapat Perilaku Berbelanja Gender Di Surabaya. E-journal Spirit Pro Patria, 1.(2). 11-24

Bada Pusat Statistik. (2019). Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur Tahun 2019. Surabayakota.bps.go.id. Web.

CNNIndonesia.(2020). Tren dan Peluang Industri E-Commerce di Indonesia 2020. Cnnindoesia.com. Web

Durianto, D., Sugiarto., Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Faadhilah, N. F. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Refrensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 7.(1). 133-142.

Fimela. (2016). Lip Coat BLP Beauty by Lizzie Parra Percantik Bibir Wanita. Fimela.com. Web. Hidayat, T. (2015). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada

PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis &

Entrepreneurship, 9(2). 102-105.

Jupp, V. (2006). The Sage Dictionary Of Social Research Methods. London: Sage Publications

Ltd.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: building, measuring, and managing, Brand

Equity (4th ed). England: Pearson Education Limited.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2020). Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri

Kosmetik. Kemenperin.go.id. Web.

Larassaty, L. (2020). Berkenalan dengan 'LIPGHOST', Brand Makeup dari Tim Jurnal Risa yang

Baru Dirilis!. Journal.sociolla.com. Web

Santoso, V. M. (2018). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya terhadap Store Location

Estee Lauder. Jurnal E-Komunikasi, 6.(2).

Shimp, A. T. (2004). Advertising, Promotion, and Other Aspect Of Integrated Marketing

Communications. USA: South-Western, Cengage Learning

Utomo, W. I. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Trust Terhadap

Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda).

Jurnal Komunikasi, 8.(1). 2579-3292.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI