Representasi Feminisme Dalam Serial La Casa de Papel (Money Heist)

Juan Arthur Samosir(1*), Daniel Budiana(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Peran media komunikasi massa dalam film sebagai alat untuk menyampaikan pesan dalam peradaban modern yang dapat memberikan dampak pada masyarakat. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pesan representasi feminism dalam serial “La Casa de Papel”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode semiotika John Fiske. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori feminism, kode televisi, film, dan representasi. Temuan dalam penelitian ini terdapat representasi gerakan feminisme gelombang kedua.


Keywords


Representasi, Feminisme, Semiotika, dan La Casa de Papel (Money Heist)

Full Text:

PDF

References


Fiske, J. (2004). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra

Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Mulyana, D. (2009). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Muniarti, A. N. (2004). Getar Gender. Magelang: Katalog Dalam Terbitan.

Puwarti, E. (2014, July). Studi Semiotik Sikap Humanis-Religius Dalam Trailer Film Sang Murabbi, Retrieved October 10, 2017, from http://journal.umpo.ac.id/index.php/aristo/article/view/21

Susanto, O. (2017). Representasi Feminisme dalam Film “Spy”. (TA No: 10011275/KOM/2017). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI