Representasi Feminisme dalam Film Enola Holmes
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Komunikasi massa memiliki peran media sebagai alat untuk menyampaikan pesan dalam peradaban modern yang dapat memberi dampak pada masyarakat. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pesan representasi feminisme dalam film Enola Holmes. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode semiotika John Fiske. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori feminisme, kode televisi, semiotika, film, representasi. Temuan dalam penelitian ini terdapat representasi gerakan feminisme gelombang kedua aliran pertama yaitu feminisme liberal yang terdapat dalam film Enola Holmes. Liberalisme yang menginginkan kebebasan atau kesetaraan gender untuk mendapatkan hak yang sama
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bordwell, David & Thompson, Kristin, (2004). Film Art an Introduction. New York: McGraw-Hill “Enola Holmes”. Imdb.com. 2021,
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
Fiske, John, (2004). Cultural and Communication Studies. Yogyakarta: Jalasutra.
Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi – Edisi Ketiga. Jakarta : Rajagrafindo Persada. McQuail, D. 2010. Teori Komunikasi Massa - Edisi 6. Jakarta : Salemba Humanika.
Mulyana, D. 2008. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sobur, A. 2004. Analisis Teks Media. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Tong, R. P. (2004). Feminist Thought: Pengantar paling komprehensif kepada arus utama pemikir
feminis. Yogyakarta: Jalasutra.
Wahyudi, A. P. 2014. Representasi Sensualitas Perempuan Dalam Foto Cover (Studi semiotika
Foto Perempuan dalam Majalah Dewi Edisi Maret Sampai Desember 2013). Skripsi, Universitas Airlangga, Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI