Citra Zoom Pasca Kasus Bocornya Data Pengguna Zoom Meeting di Dark Web

Liliana Wijaya Khongo(1*), Otto Bambang Wahyudi(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Citra perusahaan terbentuk dari segala pengalaman publik akan organisasi. Sebuah krisis dapat mempengaruhi citra perusahaan di mata publiknya, sehingga perlu dilakukan evaluasi citra setelah krisis. Salah satu cara untuk melakukan evaluasi citra perusahaan yaitu melalui pemberitaan di media massa, karena media massa memiliki peran dalam membentuk opini publik. Penelitian ini melakukan evaluasi citra Zoom pasca kasus bocornya data pengguna Zoom Meeting di Dark Web dalam berita-berita yang dimuat dalam portal berita online Bisnis.com dan WartaEkonomi.co.id. Evaluasi citra ini menggunakan teknik analisis isi kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Zoom mendapatkan citra yang positif baik dari Bisnis.com maupun WartaEkonomi.co.id.


Keywords


Citra Korporat, Zoom, Kasus Kebocoran Data Pengguna, Komunikasi Krisis, Analisis Isi

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, O. (2001). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Ardianto, E. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa rekatama media.

Creeber, G., & Martin, R. (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire: Open University Press.

Cutlip, Center, & Broom. (2006). Effective Public Relations (Edisi kesembilan). Jakarta: Kencana. Dewabrata, A. A. (2004). Kalimat Jurnalistik: Panduan Mencermati Penulisan Berita. Jakarta:

Kompas.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-

ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Fearn-Banks, K. (2002). Crisis Communications: A casebook Approach. Mahwah NJ: Lawrence

Erlbaum.

Jeffkins, F. (1992). Public Relations (Edisi Keempat). Jakarta: Erlangga.

Krippendorf, K. (1991). Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodenya. Rajawali Press.

Kriyantono, R. (2015). Public Relations, Issue & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis & Kualitatif. . Jakarta: Kencana.

Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan.

LaRose, & Straubhaar. (2004). Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology.

USA: Wadsworth Cengage Learning.

Lievrouw, L. (2011). Alternative and Activist New Media. Cambridge: Polity Press.

Moore, H. F. (2005). Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.

Nova, F. (2009). Crisis Public Relations (Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan). Jakarta: Grasindo.

Siapera. (2012). Understanding New Media. Sage Publication.

Suhandang, K. (2004). Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik.

Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia.

Vera, N. (2010). Pengantar Komunikasi Massa. Tangerang: Renata Pratama Media.

Vos, M. (2000). The Coorporate Image Concept: A strategic Approach. . Den Haag: CIP Gegevens Koninklijke Bibliotheek.

Wimmer, R. D., & Dominick, J. R. (2003). Mass Media Research, an Introduction. Belmont CA: Wadsworth Publishing Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI