Efektivitas Penggunaan NCT 127 sebagai Celebrity Endorser dalam Social Media Campaign Nu Green Tea #FixEnak di Instagram @nuteaid

Monica Angelina(1*), Felicia Goenawan(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang celebrity endorser merupakan sosok yang dipercaya oleh perusahaan untuk mewakili sebuah produk. Maraknya penggunaan media sosial menciptakan aktivitas komunikasi pemasaran baru, yaitu social media campaign (kampanye media sosial). Dimana media sosial dimanfaatkan sebagai media penyebaran. NCT 127 merupakan salah satu boyband dari Korea Selatan yang telah dikenal di dunia internasional. PT ABC President Indonesia memilih NCT 127 sebagai celebrity endorser dalam social media campaign Nu Green Tea #FixEnak yang diunggah pada media sosial Instagram @nuteaid. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas penggunaan NCT 127 dalam social media campaign menggunakan model TEARS. Teori dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang celebrity endorser dan keterkaitannya dengan Model TEARS, yang terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling, dimana penulis memiliki beberapa kriteria yang digunakan untuk memilih responden dalam mengisi kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan NCT 127 sebagai celebrity endorser dalam social media campaign Nu Green Tea #FixEnak di Instagram @nuteaid adalah efektif. Faktor attractiveness atau daya tarik merupakan faktor paling tinggi yang menarik perhatian responden.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Celebrity Endorser, Model TEARS, Social Media Campaign, Attractiveness

Full Text:

PDF

References


Alini & Indrawati. (2018). Efektivitas Promosi Kesehatan melalui Audio Visual dan Leaflet tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri tentang SADARI di SMAN 1 Kampar Tahun 2018. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Ash-shiddieq, F. N. T. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser Valentino Rossi Terhadap Brand Image Sepeda Motor Yamaha (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom). Universitas Telkom

Badan Pusat Statistik, (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Baum, D. Spann, M. Füller, J. & Thürridl, C. (2018). The impact of social media campaigns on the success of new product introductions. ResearchGate, 1. Retrieved November 6, 2020, from https://www.researchgate.net/publication/326575756_The_impact_of_social_media_camp aigns_on_the_success_of_new_product_introductions

Dewi, A. D. A. K. (2013). Studi Komparasi Daya Tarik Interpersonal pada Mahasiswa UNNES yang Berpacaran Ditinjau dari Jenis Kelamin. Universitas Negeri Semarang

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Social Media Campaign dan Online Promotion Terhadap Purchase Intention pada Gojek Indonesia di Surabaya. Universitas Kristen Petra

Gunawan, F. (2015). Efektivitas Penggunaan Ashraf & BCL Sebagai Celebrity Endorser Dalam Iklan Televisi LINE Let’s Get Rich Dengan Menggunakan Model TEARS. Universitas Kristen Petra

Hargiyanto, F. (2017). Pengaruh Visibility, Credibility, Attractiveness, dan Power Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Iklan Indomie Goreng Versi Al Ghazali sebagai Celebrity Endorser). Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hennayake, Yashodhara. (2017). Effectiveness of Celebrity Endorsement: A Review on Related Concepts and Empirical Applications. University of Kelaniya

Huda, F. A. (2017, Agustus 1). Pengertian Populasi, Sampel, Jenis Sampling, dan Teknik Sampling. Retrieved from fatkhan.web.id: http://fatkhan.web.id/pengertian-populasi-sampel- jenis-sampling-dan- teknik-sampling

Ivony. (2017, Juli 12). Teori S-O-R (Teori Stimulus Organism Respons). Retrieved from PakarKomunikasi.com: https://pakarkomunikasi.com/teori-sor

Kurniawan, K. (2020, April 11). Komunikasi Pemasaran 2020 : Pengertian, Jenis & Model. Retrieved from Projasaweb: https://projasaweb.com/komunikasi- pemasaran/

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana

Mahdi, Ikramullah. (2018). Pengaruh Iklan Instagram Terhadap Minat Pengunjung Komunikafe di Makassar. UIN Alauddin Makassar

Mardiana, S. (2013). Peranan Komunikasi Pemasaran dalam Membentuk Perilaku Konsumen .

Universitas Serang Jaya

Muham, S. N. (2019). Penggunaan Celebgram (Celebrity Endorser Instagram) dalam Promosi

Produk MD Clinic by MD Glowing Skin. Universitas Telkom

Penting Memahami Gaya Belajar Generasi Z. (2018, Agustus 7). Retrieved from https://www.lampost.co/berita-penting-memahami-gaya-belajar-generasi- z.html#:~:text=Leriwarti%20menjelaskan%20karakteristik%20generasi%20Z,mengajari%20 di%20rumah%2C%22%20ujarnya

Redaksi Cmedia. (2018, Januari 26). 9 Gaya Belajar Generasi Z. Retrieved from https://penerbitcmedia.com/8-gaya-belajar-generasi-z/

Redaksi HR Online. (2019, Agustus 19). Arti Warna Pakaian Menunjukkan Banyak Hal, Bukan Sekedar Gaya. Retrieved from https://www.harapanrakyat.com/2019/08/arti-warna-pakaian- menunjukkan-banyak-hal-bukan-sekedar-gaya/

Rimawaty, Luliyana. (2019). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Branding pada Dream.co.id.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Rohmatun, Melly. (2016, November 18). Menebak 7 Karakter Cowok Berdasarkan Gaya Bajunya. Cocok Nih buat Kamu yang Lagi Kepoin Si Dia. Retrieved from https://www.hipwee.com/style/menebak-7-karakter-cowok-berdasarkan-gaya-bajunya- cocok-nih-buat-kamu-yang-lagi-kepoin-si-dia/

Sidharta, C. (2014). Penggunaan Anggun C. Sasmi sebagai Celebrity Endorser dalam iklan Pantene versi “Bersinarlah Bersama Anggun”. Universitas Kristen Petra

Stephanie, Elysia. (2013). Pengaruh Kredibilitas Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Atas Iklan Pada Produk Shampo L’Oreal di Surabaya. Universitas Surabaya.

Tim Wowkeren, (2019, Agustus 29). Inilah 10 Negara Dengan K-pop Stan Terbesar Tahun 2019 Berdasarkan Data YouTube, Ada Indonesia?. Retrieved from https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00269788.html

Utarsih, H. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Kartu AS (Studi Kasus pada Penduduk Bandung). Politeknik LP31 Bandung

Wifalin, Michelle. (2016). Efektivitas Instagram Common Grounds. Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI