Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Brand Image Produk Viva Queen Melalui Promosi di Media Sosial

Cindy Veronika Pietrasanada(1*), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(2), Megawati Wahjudianata(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


PT Vitapharm sebagai perusahaan kosmetik yang sudah sukses dengan nama brand Viva Cosmetics meluncurkan produk Viva Queen untuk mendongrak image perusahaan. Untuk mengetahui image perusahaan tersebut, peneliti melakukan penelitian Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Brand Image Produk Viva Queen Melalui Promosi di Media Sosial. Penelitian ini mengacu pada teori Komunikasi Pemasaran yang difokuskan pada Promotion dan Brand Image. Penelitian ini menggunakan Survei Online dengan pengskalaan Guttman. Hasil dari penelitian ini, tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya tergolong tinggi mengenai Brand Image Produk Viva Queen dari elemen reputation, recognition, affinity, dan domain.


Keywords


Tingkat Pengetahuan, Promotion, Brand Image, Viva Queen.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity. New York: The Free Press.

---------------- (2010). Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa; Aris Ananda. Edisi revisi. Mitra

Utama: Jakarta.

-----------------(2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Alimen, N., & Cerit, G. (2010). Dimensions of brand knowledge. Journal of Enterprise Information.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

------------------------------ (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eka, R. (2015, Sepetember 8). Hasil riset Chandra Marsono menunjukkan pembagian kebutuhan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Retrieved from dailysocial.id: https://dailysocial.id/post/penggunaan-media-sosial-di-indonesia-mulai-tersegmentasi- berdasarkan-kebutuhan

Ellora, D. (2020, Juni 10). Menginjak Usia 20 tahun, Sudahkah Perlu Perawatan Anti Aging?. Retrieved from Beauty Journal by Sociolla: https://journal.sociolla.com/beauty/menginjak- usia-20-tahun-sudahkah-perlu-perawatan-anti-aging

Haryono, S. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis & Manajemen Teori dan Aplikasi. In M. M. Prof. Dr. H. Siswoyo Haryono, Metodologi Penelitian Bisnis & Manajemen Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Intermedia Personalia Utama.

Lavenia, F. B. (2019). Tingkat Pengetahuan Pengguna Go-Jek di Surabaya Mengenai Logo Baru Aplikasi Go-Jek. dewey.petra.ac.id.

Nasrulah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Bandung: Kencana Prenada Media

-------------------- (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Notoatmodjo S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Palupi, (2019, September 12). Viva Cosmetics, Pelopor Industri Kosmetik Tropis dari Surabaya. Retrieved from https://swa.co.id/business-champions/brands/legend-brand/viva-cosmetics- pelopor-industri-kosmetik-tropis-dari-surabaya

Putri, A. A. (2015, Februari 17). Perkembangan Manusia: Perkembangan Fisik dan Kognitif pada Dewasa Awal. Retrieved from kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/asriadila/54f8c906a333112d3c8b4641/perkembangan- manusia-perkembangan-fisik-dan-kognitif-pada-dewasa-awal

Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Retno, D. (n.d.). 7 Tahap Perkembangan Kognitif Pada Orang Dewasa. Retrieved from dosenpsikologi.com: https://dosenpsikologi.com/perkembangan-kognitif-pada-orang- dewasaRosady, Ruslan. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Usman Rianse dan Abdi. (2008). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, Ulber. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta,CV.

Theresia, J. (2014). Perancangan Strategi Re-Branding Produk Viva Queen. repository.maranatha.edu, 2.

Yogandini, J. (2016). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Indihome Fiber PT. Telekomunikasi Indonesia, Tvk Regional V Jawa Timur Melalui Iklan di Media. docplayer.info.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI