Citra Pemerintah Kota Surabaya Pasca Surabaya Menjadi Zona Merah COVID-19 Di Mata Masyarakat Surabaya

Anthony Putra Sumardi(1*), Gatut Priyowidodo(2), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Citra organisasi merupakan tujuan paling mendasar dari Public Relations yang terbentuk berdasarkan stimulus dan pengalaman dari gambaran perusahaan tersebut. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui citra pemerintah kota Surabaya secara deskriptif. Citra dalam penelitian ini sendiri diukur menggunakan enam dimensi citra yaitu dynamic, cooperative, business, character, successful, dan withdrawn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode online survey. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data digunakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan tabulasi silang (crosstab). Temuan penelitian ini adalah bahwa citra pemerintah kota Surabaya pasca Surabaya menjadi zona merah COVID-19 dapat disimpulkan positif.


Keywords


Citra perusahaan, pemerintah kota Surabaya, zona merah COVID-19, masyarakat Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Adler, Ronald B. (1991). Understanding Human Communication. United States of America: Harcourt Brave Javanovich, Inc.

Ardianto, Elvaniro. (2004). Public Relations. Bandung: Pustaka Bani Quraisy .

Ardianto, Elvinaro. (2010). Metode Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa

Rekatam Media.

Badan Pusat Statistik Surabaya. (2019). Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur Tahun 2019. Retrieved August 2, 2020, from: https://surabayakota.bps.go.id/dynamictable/2018/04/18/23/proyeksi penduduk-kota-surabaya menurut-jenis-kelamin-dan-kelompok-umur-tahun 2019.html

Devito, Joseph A. (2005). Essentials of Human Communication. United States of America: Pearson Education, Inc.

Fill, Chris. (1999). Marketing Communications Context, Contents, and strategies. Spain: Grafos S.A.

Jefkins, Frank. (1995). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Jefkins, Frank. (2004). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lattimore. (2010). Public Relation Profesi & Praktek. Selemba Humanika.

Rakhmat, J. (2009). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (2008). Metode penelitian survei. Jakarta: Pusraka LP3ES Indonesia.

Soemirat, S., Ardianto, E. (2007). Dasar – Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Teguh. (2008). Tanya Jawab Dasar-Dasar Publik Relation (Cetakan Kedua). Bandung: Armico.

Wilcox, D. & Cameron, G. (2012). Public relations: Strategies and tactics. Boston: Pearson Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI