Efektivitas Penggunaan Bangtan Sonyeondan (BTS) Sebagai Celebrity Endorser Samsung Galaxy S20+ BTS Edition Pada ARMY Indonesia

Metta Devina(1*), Gatut Priyowidodo(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Celebrity endorser adalah pribadi yang dikenal oleh publik yang mampu memberikan daya tarik kepada konsumen. Untuk melihat tentang efekvitas celebrity endorser dapat menggunakan indikator TEARS yaitu: trustworthiness, experse, aracveness, respect, similarity. Dalam penelian ini, teori dasar yang digunakan adalah teori tentang celebrity endorser, dan hubungannya dengan TEARS. Peneli melihat tentang bagaimana efekvitas celebrity endorser, dengan teknik penarikan sampel purposive sampling dikarenakan adanya kriteria yang digunakan untuk memilih responden yang mengisi kuesioner. Berdasarkan dari temuan penelian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Bangtan Sonyeondan (BTS) sebagai celebrity endorser dalam iklan Samsung Galaxy S20+ BTS edion adalah efekf. Karena seap indikator TEARS memiliki hasil mean dalam rentang 3 ≤ x ≤ 5. Sementara, untuk indikator yang paling nggi dan dapat menarik perhaan adalah aracveness dari BTS. Mengenai daya tarik BTS dalam iklan: gaya berpakaian, wajah tampan, dan BTS yang dilihat mempunyai tubuh ideal.


Keywords


Celebrity endorser, TEARS, BTS, iklan Samsung Galaxy S20+ BTS edion

Full Text:

PDF

References


Andrianto, N. F., Sutrasmawati, E. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Pada Proses Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 05(02), 104-109. Andries, A. L. (2014). The Influence Of Koren’s Celebrity Endorsement and Youth Buying

Behavior On Youth Apparel Perchase Decision In Manado. Jurnal EMBA, 02(04),

-611.

Bps.go.id (2020). Badan Pusat Statistik. Retrieved September, 17 2020 from

https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/58/da_03/1. Dewa, C. B. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan

Yogyakarta Pada Produk Oleh-Oleh Jogja Scrummy. Jurnal Manajemen, 08(01), 1-9. Effendy, O. U. (2008). ILMU KOMUNIKASI Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Offset.

Feiz, R. S., Yulianto, E., dan Sunarti. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser JKT 48 Terhadap

Brand Awareness Pada Iklan Sepeda Motor Honda Beat (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 65(01), 65-73.

Google.com (2020). BTS. Retrieved August, 24 2020 from https://tinyurl.com/y77ukphm. Gunawan, F. (2015). Efektivitas Penggunaan Ashraf & BCL Sebagai Celebrity Endorser Dalam Iklan LINE Let’s Get Rich Dengan Menggunakan Model TEARS. Jurnal E-Komunikasi,

(02), 1-10.

Habibah, Hamdani, I., dan Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada PerempuanMuslim di Kota Bogor). Iqtishoduna, 07(02), 233-261.

Hotdetik.com (2020). Indonesia Jadi Negara ke-2 Terbanyak Memutar Lagu K-Pop. Retrieved

August, 27 2020 from https://hot.detik.com/kpop/d-4913437/indonesia-jadi-negara-ke-2-terbanyak-memutar-l agu-k-pop.

Ibighit.com (2019). PROFILE | BTS | Big Hit Entertainment. Retrieved July, 10 2020 from https://ibighit.com/bts/eng/profile/.

Jang G., Paik W. K. (2012). Korean Wave as Tool for Korea’s New Cultural Diplomacy. SciRes, 02(03), 196-202.

Kompasiana.com. (2019). "Korean Wave" di Indonesia. Retrieved August, 19 2020 from https://www.kompasiana.com/ayu28898/5d15691b097f3666134d3384/korean-wafe-di- indonesia?page=all.

Lestari, H., Sunarti, Bafadhal, A., S. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konsumen Innisfree Di Indonesia Dan China). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 66(01), 67-78.

Mmaglobal.com (2014). First Cross-Screen, Real-Time Audience Experience App. Retrieved July, 11 2020 from https://www.mmaglobal.com/case-study-hub/case_studies/view/31965.

Nurhablisyah, Susanti, K. (2020). Fenomena BTS dalam Iklan “Tokopedia”, Sebuah Tinjauan Citra Budaya Visual. Jurnal Magenta, STMK Trisakti, 04(01), 521-532.

Putri, I. P., Liany, F. D. P., dan Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 03(01), 68-80.

Questionpro.com (2018). Online Surveys: Definition, Characteristics, Examples, Advantages and Disadvantages. Retrieved December, 4 2020 from https://www.questionpro.com/blog/what-are-online-surveys/.

Shafira, A., Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser dan Keinovatifan Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Serta Citra Merek dan Nilai Utilitarian Sebagai Variabel Intervening. (Studi Pada Pengguna Provider Seluler XL di Semarang). Dipenogoro Journal Of Management, 06(03), 1-15.

Tjondrokoesoemo, M. (2017). Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 02(03), 287 - 295.

Wibawa, S. R, Setyorini. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Efektivitas Iklan. PSIKODIMENSIA, 01(01), 18-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI