Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya Terhadap Elemen Brand Somethinc

Bella Laurenzia(1*), Felicia Goenawan(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Somethinc merupakan brand lokal yang berdiri sejak tahun 2019. Somethinc telah mengkomunikasikan brandnya yang mencangkup lima brand elements, yaitu Brand Name, URL, Logo & Symbol, Slogan dan Packaging dengan menggunakan media komunikasi Instagram. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Tingkat Brand Awareness masyarakat Surabaya terhadap brand Somethinc yang diukur dari kesadaran masyarakat Surabaya terhadap kelima Brand Elements. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei berbentuk kuesioner online atau menggunakan Google form. Peneliti melakukan analisis dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya terhadap Elemen Brand Somethinc berada pada tingkat tertinggi, yaitu Top of Mind.


Keywords


Marketing Public Relations, Brand Awareness, Brand, Brand Elements dan Somethinc.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Fatimah. Efektivitas Marketing Public Relations dalam Membangun Citra

Merek Perusahaan Jasa Telekomunikasi. Jurnal Ecodemica. Vol. 1. (2017): 2. Web.

Dharmayana, I., M., A. dan Rahanatha, G., B. Pengaruh Brand Equity, Brand Trust,

Brand Preference dan Keputusan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6. (2017): 2024. Web

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (2017). Kota Surabaya

Terpilih Kota Bisnis Terbaik 2017 Kalangan Pengusaha. Retrieved from http://dpm-ptsp.surabaya.go.id/v3/detailpost/kota-surabaya-terpilih-kota-bisnis-terbaik-2 017-kalangan-pengusaha#:~:text=Kota%20Surabaya%20Terpilih%20Kota%20Bisnis%2 0Terbaik%202017%20Kalangan%20Pengusaha,-Tags%20%3A&text=DPM%26PTSP% 2DSurabaya%3A%20Kota%20Surabaya%20terpilih,nilai%20tertinggi%20dari%20kalan gan%20pengusaha

Siyoto., S. dan Sodik., A. (2015) Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan 1. Literasi Media Publishing. Web.

Sonang., Purba dan Pardede. Pengelompokan Jumlah Penduduk Berdasarkan Kategori Usia dengan Metode K-Means. Jurnal Tekinkom. Vol 2. (2019): 167. Web

Tempo.co. 2020. Somethinc Curiously 24k Gold Essence, Vitamin C Aman untuk

Kulit Sensitif. Tempo.com. Retrieved from https://inforial.tempo.co/info/1003282/somethinc-criously-24k-gold-essence-vitamin-c-a man-untuk-kulit-sensitif

Wiradinata, Melodi, M. (2016). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya

terhadap Brand Baru Restoran The Consulate. (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Wahid, Umaimah dan Puspita, Anggun. Upaya Peningkatan Brand Awareness PT.

Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi. Vol. (2017): 34. Web.

QuestingPro. (2020). Online Surveys: Definition, Characteristics, Examples, Advantages and Disadvantages. Retrieved from https://www.questionpro.com/blog/what-are-online-surveys/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI