Studi Komparatif: Pesan Komunikasi Pemasaran pada Postingan Instagram Healthy Catering Di Indonesia

Jessica Michelle Hartono(1*), Jandy Edipson Luik(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui perbandingan penggambaran pesan pada dua akun Instagram healthy catering di Indonesia. Instagram merupakan media sosial yang digunakan oleh beberapa merek healthy catering sebagai media utama dalam menyampaikan pesan komunikasi pemasaran. Melalui Instagram, peneliti dapat melihat perbandingan penggambaran pesan yang disampaikan oleh merek healthy catering di Indonesia. Menggunakan metode analisis isi kuantitatif, hasil temuan menunjukkan bahwa kedua merek sebagai pengirim pesan memiliki persamaan, yaitu paling banyak menggunakan tema pesan Aspiration and Beliefs dan Avalanche about to Roll. Sedangkan, tema pesan David and Goliath tidak ditemukan pada postingan Instagram Hadi Kitchen. Postingan paling banyak diunggah pada hari Kamis oleh YellowFit Kitchen dan hari Senin oleh Hadi Kitchen. Selain itu, pesan disajikan dalam bentuk media yaitu image, hashtag, caption, dan tag. Jumlah comments terbanyak ditemukan pada tema Aspiration and Beliefs. Sementara, jumlah likes terbanyak pada YellowFit Kitchen ditemukan pada postingan yang mengandung tema pesan Aspiration and Beliefs dan pada Hadi Kitchen postingan dengan likes terbanyak yaitu tema Glitz and Glam.


Keywords


Marketing Public Relations, tema pesan, Instagram, healthy catering

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan IlmuIlmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hamdan, N. (2019, December 28). Pengguna Instagram di Indonesia Terbesar ke-4 di Dunia. Retrieved from https://www.tagar.id/pengguna-instagramdi-indonesia-terbesar-ke4-dunia

Kelly, L. (2007). Beyond buzz: The next generation of word-of-mouth marketing. New York: AMACOM

Kim, C. M. (2016). Social media campaigns: Strategies for public relations and marketing. New York: Routledge.

Kotler, P., Keller, K.L. (2016). Marketing Management (Global ed.) England: Pearson.

Pickton, D., Broderick, A. (2005). Integrated Marketing Communications. England: Prentice Hall.

Rainie, L., Brenner, J., & Purcell, K. (2012). Photos and videos as social currency online. Pew Internet & American Life Project

Scott, D.M. (2010). The New Rules Of Marketing & PR: How to Use Social Media, Online Video, Mobile Applications, Blogs, News Releases, and Viral Marketing to Reach Buyers Directly (ed.2). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Susanto, T.E. (2016). Pesan dan Respon dalam Proses Komunikasi Pemasaran Kafe melalui Instagram (Doctoral dissertation, Petra Christian University. 2016). Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id =37351

The Best Days to Post on Instagram. (2020). Retrieved from https: 172 Universitas Kristen Petra //sharethis.com/best-practices/2020/02/best-days-to-post-on-instagram/

Waktu yang Tepat untuk Posting di Instagram. (2020). Retrieved from https://mar ketingonline.id/waktu-terbaik-untuk-posting-di-instagram/

Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team (5th ed.). New Jersey, United States: John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI