Efektivitas Iklan Shopee Edisi ‘Main Shopee Tanam, Menang THR 10 Milyar’ di YouTube pada Masyarakat Surabaya

Jessica Dea Prisiela(1*), Jandy Edipson Luik(2), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perubahan perilaku semasa pandemi dimana aktivitas belanja terus meningkat membawa keberhasilan besar untuk Shopee terutama selama periode Shopee Big Ramadhan Sale 2020. Antusias besar pada fitur Shopee Tanam membuat promosi dengan hadiah fantastis pada fitur ini diteruskan. Shopee juga melakukan promosi melalui iklan yang menarik. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah iklan Shopee edisi ‘Main Shopee Tanam, Menang THR 10 Milyar’ di Youtube efektif pada masyarakat Surabaya. Periklanan merupakan alat yang penting dalam bauran promosi yang juga menjadi bagian dalam kajian MPR. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei online. Teknik penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dan peneliti menyebarkan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Shopee edisi ‘Main Shopee Tanam, Menang THR 10 Milyar’ di YouTube pada masyarakat Surabaya efektif. Hal ini ditunjukkan melalui perhitungan nilai mean dari setiap indikator Attention, Interest, Desire, Action (AIDA), dimana semua total nilai mean efektif. Hasil nilai efektif ini disebabkan karena pesan dalam iklan memiliki daya tarik yang kuat terutama tentang pesan dalam iklan yaitu hadiah yang menarik. Maka dari itu, iklan Shopee edisi ‘Main Shopee Tanam, Menang THR 10 Milyar’ yang dipublikasikan melalui media promosi YouTube telah tersampaikan dengan baik kepada masyarakat Surabaya.


Keywords


Efektivitas Iklan, AIDA, Media Promosi YouTube, Shopee

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. S. (2020, 3 9). Tantangan penetrasi internet Indonesia pada 2020 . Retrieved 9 15, 2020, from Alinea.id: https://www.alinea.id/kolom/tantangan-penetrasi-internet-indonesia- pada-2020-b1ZJC9smS

Best, R. J. (2013). Market-Based Management: Strategies for Growing Customer Value and Profitability 6th ed. In R. J. Best, Market-Based Management: Strategies for Growing Customer Value and Profitability 6th ed. (p. 355). New Jersey: Prentice Hall.

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2020. Banyaknya Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur Kota Surabaya Hasil Sensus Penduduk 2010: Badan Pusat Statistik Surabaya.

Daon. (2019, 2 28). Kemkominfo: Pertumbuhan e-commerce Indonesia Capai 78 Persen. Retrieved 8 4, 2020, from Kominfo: https://kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo- pertumbuhan-e-commerce-indonesia-capai-78-persen/0/sorotan_media

Durianto, Sugiarto, Widjaja, & Supratikno. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. In Durianto, Sugiarto, Widjaja, & Supratikno, Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif (pp. 11-13). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2002). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. In O. U. Effendy, Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek (pp. 32-33). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Indiarto, Fidelis. 2006. Studi Menegnai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasararan Indonesia, Vol. 5, No. 3.

Jefkins, F. (1994). Periklanan. In F. Jefkins, Periklanan (p. 15). Jakarta: Erlangga.

Kasuma Dewi, Nila dan Gus Andri, Sepris Yonaldi. (2012). “Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen dalam menggunakan Vaseline Hand and Body Lotion di Kota Padang”, Padang : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

Khadafi, M. (2020, 6 23). Aktivitas Belanja di Internet Naik 69 Persen Selama PSBB Covid-19. Retrieved 8 4, 2020, from Ekonomi Bisnis: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200623/12/1256641/aktivitas-belanja-di-internet-naik-69- persen-selama-psbb-covid-19

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. . In Kotler, & Keller, Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. (p. 179). Jakarta: Erlangga.

Neuman, L. (2012). Basic of Social Research: Quantitative and Qualitative Approaches. University of Wisconsin-Whitewater.

Santia, T. (2020, 6 9). Aktivitas Belanja Online Naik 28,9 Persen saat Pandemi Corona. Retrieved 8 3, 2020, from Liputan 6: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4274623/aktivitas-belanja- online-naik-289-persen-saat-pandemi-corona

Suyanto. 2004. Analisis & Desain : Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI