Efektivitas Pesan Iklan Youtube BCA “Buat Apa Susah, Cukup Buka Rekening di BCA Mobile”

Irene Yenawan(1*), Jandy Edipson Luik(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan YouTube BCA “Buat Apa Susah, Cukup Buka Rekening di BCA mobile” menjadi iklan yang paling banyak ditonton di YouTube selama semester kedua 2019. YouTube sendiri merupakan media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia. Untuk itu peneliti ingin mengetahui, apakah iklan yang paling banyak ditonton dan ditayangkan pada platform populer yakni YouTube pesan iklannya efektif. Tentunya dalam dunia Marketing Public Relations, memilih platform yang tepat untuk beriklan serta memiliki pesan iklan yang efektif sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Efektifitas pesan iklan diukur dengan menggunakan metode AIDA (attention, interest, desire, dan action). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode online survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden menilai pesan iklan YouTube BCA “Buat Apa Susah, Cukup Buka Rekening di BCA mobile” efektif.


Keywords


Efektivitas pesan iklan, AIDA, Marketing Public Relations

Full Text:

PDF

References


Baskoro, A. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: PT TransMedia. Dewi, I. A. (2016). Efektivitas Iklan Dengan Analisis Aida (Attention. Interest,

Desire Dan Action) Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha Di Kota

Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikann Ekonomi, 8(3), 1-10.

Dinda, A., Rara, D., & Irwansyah. (2018). Efektivitas Iklan Youtube Traveloka Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan

Periklanan, 3(1), 77-96.

Durianto. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2002). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikologis. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: PT Rosdakarya.

Evans, D. (2008). Social media marketing an hour a day. Canada: Sybex.

Umar, H. (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Iklan BCA “Buat Apa Susah” Jadi Iklan Terfavorit Youtube 2019. (2020, January 30). Bca.co.id.

Retrieved from https://www.bca.co.id/tentang-bca/korporasi/kafe-bca/berita-

pers/2020/01/30/08/31/iklan-bca-buat-apa-susah-jadi-iklan-terfavorit-youtube-2019 Indonesia Digital 2019 : Media Sosial. (n.d.). Retrieved July 10, 2020, from

https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/

Jarboe, G. (2012, March 8). Marketing Versus PR: What's the Difference - Heidi Cohen.

Heidicohen.com. Retrieved July 15, 2020, from http://heidicohen.com/marketing- versus-pr-whats-the-difference/

Kotler, P. & Armstrong, G. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, P. & Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta:

Erlangga

Mehta, A. (2000). Advertising Attitudes and Advertising Effectiveness. Journal of Advertising

Research, 40(3), 67-72.

Peringkat Bank Umum. (2019). Kinerjabank.com. Retrieved July 10, 2020, from

https://www.kinerjabank.com/peringkat_bank?bank_category=umum

Puspitasari, A. D. (2018). Efektivitas Pesan Iklan Endorsement Hp Spectre X360 Pada Akun

Instagram Ilustrator Andika Nugraha Berdasarkan Perhitungan Customer Response Index dengan Konsep AISAS. (TA No. 130904871/Kom). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Rossister, J. R. & Percy, L. (1987). Advertising and Promotion Management. New York: McGrawHill.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI