Leadership Image Presiden Jokowi Pasca Penetapan Gibran Sebagai Calon Walikota Solo Di Tribunnews.com, CNNIndonesia.com, Solopos.com, Dan AntaraJateng.com

Fide Abraham Sidhipradana(1*), Gatut Priyowidodo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Citra kepemimpinan Presiden Jokowi di media berita online Tribunnews.com, CNNIndonesia.com, Solopos.com, dan AntaraJateng.com adalah topik yang dipilih oleh peneliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui citra kepemimpinan Presiden Jokowi di media berita online pasca penetapan Gibran Rakabuming sebagai Calon Walikota Solo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis isi dengan melakukan koding terhadap 85 berita. Dilihat dalam konsep Dubrin mengenai indikator- indikator bentuk citra. Citra kepemimpinan Jokowi pasca penetapan Gibran adalah pemimpin yang mengerti dan menampilkan simbol positif terhadap dirinya, memiliki kekuatan mencolok dan daya Tarik tersendiri, aktif terlibat langsung dalam proyek negara dan menginspirasi, serta dapat dipercaya dan beretika sebagai pemimpin.


Keywords


Penetapan Gibran, Komunikasi Politik, Citra Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Ardhita Yuliana Nugraheni. (2017). PENGARUH PENGETAHUAN POLITIK DAN AKTOR POLITIK TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DESA TRIMURTI, SRANDAKAN, BANTUL PADA PILKADA 2015. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Indrayani, I. I. (2012). Media Dan Politik Citra Dalam Politik Indonesia Kontemporer. Scriptura, 3(2), 129–139.

DuBrin, A. J. (2011). Impression management in the workplace: Research, theory, and practice. In Impression Management in the Workplace: Research, Theory, and Practice. https://doi.org/10.4324/9780203865712

Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Nuansa Cendikia.

Cutlip, S., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations (Edisi kesembilan). (9th ed.). Kencana.

Jefkins, F. (2004). Public Relations. Erlangga.

Pendidikan, D. (2020). Pengertian Citra Menurut Para Ahli. Dosenpendidikan.com.

https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-citra/

Kiousis, S., Strömbäck, J., & Proverbs, P. (2019). Political public relations: Looking back, looking forward. Political Public Relations: Concepts, Principles, and Applications, 2nd Edition, June, 370–385.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI