Brand Awareness Masyarakat Surabaya pada Brand Seiko “The New Seiko 5 Sports”

Irving Williem(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era globalisasi seperti sekarang ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat, khususnya dalam Jam Tangan. Oleh karena itu Seiko melakukan perubahan pada sub-brand mereka yaitu Seiko 5 Sports menjadi “The New Seiko 5 Sports”. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui brand awareness masyarakat Surabaya pada “The New Seiko 5 Sports”, berada pada tingkat Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, atau Unaware of Brand dengan menggunakan enam elemen brand dari “The New Seiko 5 Sports” antara lain Brand Names, URL, Logo&Symbol, Slogan, Character, dan Packaging.

Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode online survei. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Brand Awareness Masyarakat Surabaya pada Brand Seiko “The New Seiko 5 Sports” ada pada tingkat tertinggi kedua yaitu, Brand Recall.


Keywords


Brand Awareness, Brand, Seiko “The New Seiko 5 Sports”, Marketing Communication, Brand Elements

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. (1996). Managing Brand Equity Capitalizing on The Value of A Brand Name. New York: The Free Press.

_________. (2010). Building Strong Brands. New York: Pocket Books. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Bernays, E.L. (2013). Public Relations. Oklahoma: University of Oklahoma Press.

Durianto, dkk. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif: Strategi Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Keller, K.L. (2003). Strategic Brand Management, 2nd edition. London: Pretince Hall.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kecana

Megawati, Jessica (2016). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya

mengenai Instant Messenger pada Smartphone. Skripsi. Surabaya: Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Widya Mandala.

Seiko. Retrieved Febuary 27, 2020, from https://seiko5sports.com/

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabera


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI