Motif dan Kepuasan Followers dalam Mengikuti Akun @ayutingting92 di Instagram
(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pada teori Uses and Gratification yang menurut Palmgreen terdapat Gratification Sought (GS) dan Gratification Obtained (GO). Peneliti menggunakan 3 indikator milik Tarakci & Yenicikti yaitu: sharing/communication, social escape, dan information. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motif dan kepuasan followers dalam mengikuti akun @ayutingting92 di Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya adalah onlline survey. Hasil temuannya indikator sharing/commmunication adalah yang paling memuaskan followers akun @ayutingting92 di Instagram dan generasi Y memiliki motif dan kepuasan yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanah, Fathul (2016, November 23) 7 Instagram Seleb Indonesia yang Dibanjiri Lebih Banyak Haters daripada Fans. www.tribunnews.com
APJII (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Penggunaa Internet Indonesia: 2017 Survey. Jakarta: APJII
Atmoko, Bambang. (2012). Instagram Handbook.Jakarta : Media Kita.
Bohang, Fatimah (2017, Juli 26) 5 Pengguna Instagram dengan Followers Terbanyak di Indonesia. www.kompas.com
Kriyantono, Rachmat. (2009). Riset Komunikasi. Diesertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana.
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Salemba Humanika.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta : Prenada Media Group
Pertiwi, Wahyunanda (2019, Juni 18) Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. www.kompas.com
Pratama, Indra B. (2017). Etnografi Dunia Maya Internet. Malang: Penerbit UB Press
Ratnasari, Elise. (2017, Maret 7) Media Sosial Justru Membuat Orang Semakin Kesepian. www.cnnindonesia.com
Ruben, Brent D & Stewart, Lea P. (2013) Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Rajawali Pers
Ruggiero,Thomas E. (2000). Uses and Gratifications Theory in the 21st Century Mass Communication & society 3(1), 3-37: University of Texas at El Paso.
Setyaningsih, Lilis. (2017, Juli 26) Warga Pengguna Aktif Instagram di Indonesia capai 45 juta terbesar di Asia Pasifik. www.tribunnews.com
Tarakci & Yenicikti. (2016). Instagram In The Context of The Uses And Gratifications Approach : Selcuk university example. Turkey : Selcuk University
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI