STUDI EVALUASI DAN POTENSI SENSE OF PLACE PADA BALKON APARTEMEN METROPOLIS SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.9744/acesa.v4i2.12943Keywords:
Desain, Instagram, citra brand, awareness, Tobaku MerchandiseAbstract
Apartemen merupakan bangunan bertingkat yang terdiri dari beberapa unit hunian yang dilengkapi dengan fasilitas umum bersama, juga balkon pada tiap unitnya. Balkon termasuk ruang luar tambahan yang berfungsi untuk mengakomodasi aktivitas penghuninya. Namun sekarang balkon berubah fungsi menjadi ruang penyimpanan dan ruang peletakan outdoor AC. Hal ini tentunya mempengaruhi persepsi dan interaksi pengguna terhadap balkon. Penelitian ini mengidentifikasi masalah dan potensi sense of place khususnya pada balkon Apartemen Metropolis Surabaya. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif dengan mengevaluasi faktor sense of place yaitu physical feature, activities, meanings dan individual features melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi eksisting balkon berpotensi terhadap hadirnya sense of place khususnya melalui tiga kondisi pada balkon, yaitu penambahan dan penggunaan properti untuk kebutuhan servis, kebutuhan servis, dan penambahan properti untuk fasilitas. Kondisi yang berpotensi paling tinggi adalah bentuk balkon; pada bentuk balkon L dapat menampung aktivitas pengguna beserta propertinya dengan lebih berkualitas. Selain itu, balkon berbentuk huruf L juga memberikan kenyamanan bagi penghuni untuk tetap berada disana dikarenakan lebih private dan didukung oleh view yang optimal dari dua arah. Sedangkan pada balkon berbentuk persegi sense of place kurang terjadi karena peletakan property yang kurang memadai dan kurang nyaman dalam mengakomodasi aktivitas pengguna.References
1. Ruhulessin, Masya F. “Mengenal Apartemen, Pilihan Hunian Favorit Masyarakat Kota”. 2022. https://www.kompas.com/properti/read/2022/04/13/134022721/mengenal-apartemen-pilihan-hunian-favorit-masyarakat-kota. (accessed May 8, 2022)
2. Harris, Cyril M. Dictionary of Architecture and Construction.4. New York : Mc Graw Hill Book Comp, 1975.
3. Purba, Legi S.D. “APARTEMEN MAHASISWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA”. Jurnal Universitas Atmajaya Yogyakarta. 2017 http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11435 (accessed April 28, 2022)
4. Marlina, Endy. Panduan perancangan bangunan komersial. Yogyakarta: Penerbit Andi offset. 2018
5. Anjani, Cindy S.P. and Hermin Werdiningsih. “KAJIAN FUNGSI BALKON PADA BANGUNAN HUNIAN BERTINGKAT”. Jurnal IMAJI 9, no 5. 2020 https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/imaji/issue/download/1505/83. (accessed May 8, 2022)
6. Dewanto, R. Tabloid Hunianku 29, Jakarta: Gramedia, 2011.
7. Kim, Gon., Wonwoo Kim, and Jeong Kim. “Role of Healthy Light to Embody Healthy Buildings”. https://www.researchgate.net/publication/228508909_Role_of_Healthy_Light_to_Embody_Healthy_Buildings. (accessed May 1, 2022 )
8. Salehi Amiri, S. Nesbate Shoraha va Masaele Farhangie Shahr (City Councils and Cultural Issues) . Etela Resani Amoozeshi va Pazhooheshi Shoraha 9, 2007. 9. Safarkhani, M. Balconies consigned to oblivion in İranian residential buildings the case of Tehran, İran. 2016. https://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12620528/index.pdf (accessed May 8, 2022)
10. Iskandar, Z,. Psikologi Lingkungan Teori dan Konsep, Bandung : PT. Refika Aditama, 2012
11. Shamai, Shmuel.”Sense of Place: an Empirical Measurement.”Geofmm 22, no. 3 (2000): 347 - 358. 1991. https://doi.org/10.1016/0016-7185(91)90017-K (accessed May 8, 2022) 12. Knox, P.L. and Marston, S.A. Places and Regions in Global Context: Human Geography. 4. Upper Saddle River : Prentice Hall, 2007.
13. Najafi, Mina and Mustafa Kamal Bin Mohd Shariff. “The concept of Place in Architectural Studies”. International Journal of Human and Social Science 5, no.8 (2011). https://publications.waset.org/14034/the-concept-of-place-and-sense-of-place-in-architectural-studies (accessed May 8, 2022)
14. Falahat, M.S. Sense of place and the factors shaping it, Fine Arts Magazine, 2006.
15. Relph, E. Place and Placelessness, London: Pion, 1976.
16. Low, Setha.M and Irwin Altman. Place Attachment: Human Behavior and Environment, vol 12. Boston, MA : Springer, 1992.
17. Milligan, Melinda J. “Interactional Past And Potential: The Social Construction Of Place Attachment.” Symbolic Interaction Vol. 21, No. 1, 1998, pp.1–33. https://doi.org/10.1525/si.1998.21.1.1 (accessed May 1, 2022 ).
18. Proshansky, H.M., Fabian, A.K., and Kaminoff,R.. Place identity: Physical world socialization of the self. Journal of Environmental Psychology, 3, 1983, pp. 57–83.
19. Jorgensen, B. S. & Stedman, R. C. “A comparative analysis of predictors of sense of place dimensions,” Journal of Environmental Management Vol 79, No.3, 2006, pp. 316-327. https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2005.08.003 (accessed May 8, 2022) 20. Winartha, I Made. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and full publishing rights without restrictions, with the work simultaneously licensed under the terms and conditions of the Creative Commons Attribution License (CC BY) that allows for unlimited use, distribution, and content reproduction on all media as long as the original author and source are properly acknowledged and cited.