PERGERAKAN TANAH LATERAL AKIBAT PROSES PEMANCANGAN TIANG

Yohanes Wiraatmaja(1*), Michael Handoko(2), Sugie Prawono(3), Gogot Setyo Budi(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemancangan pondasi tiang pada tanah mengakibatkan desakan butiran tanah kearah lateral serta menimbulkan kenaikan tekanan air pori tanah. Hal ini memberikan pengaruh hingga jarak tertentu dan berpotensi merusak bangunan di sekitar. Pada proyek X, lokasi pemancangan soldier pile berdekatan dengan pemukiman padat penduduk. Oleh karena itu, perlu diprediksi jarak yang aman dari pengaruh proses pemancangan.
Penelitian ini dilakukan dengan prediksi teoritis besarnya pergerakan tanah kearah lateral akibat pemancangan di jarak tertentu dari titik tiang yang dipancang dengan formula tertentu. Hasil prediksi secara teori ini kemudian dibandingkan dengan hasil pengukuran pergerakan tanah kearah lateral yang dilakukan menggunakan instrumentasi berupa inclinometer. Hasil keduanya akan dibandingkan sebagai kesimpulan.
Soldier pile pada proyek X menggunakan jenis tiang pancang beton open ended spun pile Ø800 mm yang ditekan masuk kedalam tanah sedalam 28 meter dengan hydraulic jack. Sebelum pemancangan, terlebih dahulu dilaksanakan preboring Ø500 mm dengan kedalaman 12 meter. Menurut teori ini disimpulkan bahwa radius pengaruh pemancangan adalah sama dengan kedalaman tiang. Pengaruh tapak alat hydraulic jack terekam di inclinometer pada jarak sepertiga kedalaman tiang. Hal ini menyebabkan kesulitan prediksi secara teoritis. Pengaruh ini akan dihilangkan agar dapat dibandingkan dengan hasil prediksi. Setelah koreksi, dijumpai hasil prediksi secara teori mendekati hasil inclinometer.

Keywords


tanah, pemancangan, pergerakan tanah lateral

Full Text:

PDF

References


Broms, Bengt B. (1981). Precast Piling Practice. Thomas Telford, Ltd. London.

Hagerty, D. and Peck, R. (1971). "Heave and Lateral Movements Due to Pile Driving”. Journal of the Soil Mechanics and Foundation Division, ASCE, Vol. 97, SMll 1513-1531.

Dugan, J.P. and Freed, D.L. (1984). "Ground Heave Due to Pile Driving". International Conference on Case Histories in Geotechnical Engineering. Paper 28.

Nenonen, P. and Ruul, J. (2011). “Environmental Impact of Pile Driving - An FE-Analysis of the Displacement of the Skäran Bridge”. Master of Science Thesis in the Master’s Programme Structural Engineering and Building Performance Design. Department of Civil and Environmental Engineering Division of GeoEngineering Geotechnical Engineering Chalmers

University Of Technology. Göteborg, Sweden 2011 Master’s Thesis 2011:38

Olsson, C. & Holm, G. (1993). Pålgrundläggning. AB Svensk Byggtjänst och Statens Geotekniska institut. Stockholm, Sweden.

Poulos, H. G. dan Davis. (1980). Pile Foundation Analysis and Design. John Wiley & Sons Inc., Canada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :