PENGARUH KARAKTERISTIK MAHASISWA PENGENDARA SEPEDA MOTOR TERHADAP ASPEK KESELAMATAN BERKENDARA

Andy Pangeran(1*), Arif Tirta Kusuma(2), Rudy Setiawan(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Jumlah kendaraan pribadi di Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan jumlah kecelakaan yang terjadi dari tahun ke tahun juga ikut meningkat. Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling mendominasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud meneliti hubungan karakteristik mahasiswa pengendara sepeda motor dengan aspek keselamatan berkendara. Karakteristik yang ditinjau dalam penelitian ini meliputi : Jenis kelamin, Usia saat mulai mengendarai sepeda motor, Jarak tempuh saat berkendara, Universitas negeri dan swasta. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa-mahasiswa di 5 universitas di Surabaya. Untuk mengetahui hubungan antara karakteristik dengan faktor keselamatan penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa jenis kelamin dan usia sat mulai mengendarai sepeda motor memiliki pengaruh terhadap aspek keselamatan berkendara, sedangkan jarak tempuh dan jenis universitas kurang memiliki pengaruh terhadap aspek keselamatan berkendara.

Keywords


karakteristik pengendara sepeda motor, aspek keselamatan berkendara,Standard Equation Modelling

Full Text:

PDF

References


Kwong, Ken,. Kwong, Kay., (2013).Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) using SMARTPLS. Marketing Bulletin, 24.

Putranto, L.S.1*, Prasetijo, J.2, and Setyarini, N.P.S.E.1. (2015). Characteristics of Motorcycle Ownership and Use of University Students in Malaysian and Indonesian Cities. Civil Engineering Dimension, Vol. 17, No. 1, March 2015, 11-21

Republik Indonesia. (2012). Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. (1993). Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi. Sekretariat Negara. Jakarta.

Warpani, S.P., (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Transportasi pengangkutan, Institut Teknologi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :