OPTIMASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN SPREADSHEET

Authors

  • Henny Sutjiono Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
  • Rudy Setiawan Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra

Keywords:

Risk Tolerance, Personality Traits, dan Pilihan Portofolio

Abstract

Salah satu kendala dalam perhitungan kinerja simpang bersinyal baik secara manual maupun dengan mempergunakan software Kapasitas Jalan Indonesia (KAJI) adalah untuk memperoleh nilai optimum dari berbagai nilai parameter seperti waktu hijau, lebar lajur belok kiri (WLTOR), lebar satu lajur lurus dan atau belok kanan, dan jumlah lajur setiap lengan pendekat terhadap nilai derajat kejenuhan (DS) tertentu, diperlukan perhitungan secara berulang secara manual yang membutuhkan waktu lama. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah membuat aplikasi spreadsheet dengan mempergunakan fasilitas Add-in Solver pada Microsoft Excel, untuk mempermudah memperoleh waktu hijau, WLTOR, lebar satu lajur lurus dan atau belok kanan, dan jumlah lajur setiap lengan pendekat yang memenuhi batas nilai DS tertentu berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Setelah dilakukan perbandingan antara perhitungan KAJI dengan perhitungan aplikasi spreadsheet, terdapat perbedaan pada nilai DS dan nilai tundaan total karena adanya perbedaan asumsi dalam perhitungan nilai faktor penyesuaian parkir (FP).

References

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia, SWEROAD & PT. Bina Karya, Bandung.

Frontline Systems, Inc., <http://www.solver.com> (Februari 25, 2015)

Garber, N.J., dan Lester A.H. (2009). Traffic & Highway Engineering, fourth edition, Cengage Learning, Toronto.

Hesse, R. (1997). Managerial Spreadsheet Modeling and Analysis, Irwin, Chicago.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, edisi ke-2, Penerbit ITB, Bandung.

Downloads

Published

2015-08-01