TABEL DESAIN KAPASITAS SAMBUNGAN BAJA TIPE FLEKSIBEL BERDASARKAN SNI 03-1729-2002

Charlie Wijaya(1*), F.X. Eka Prasetyo Setiohadi(2), Pamuda Pudjisuryadi(3), Effendy Tanojo(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Krsiten Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Sambungan merupakan komponen penting dari struktur baja. Pada proses perhitungan struktur baja, sambungan membutuhkan perhitungan yang rinci karena memiliki berbagai macam variasi dari jenis atau tipe sambungan dan gaya – gaya yang bekerja. Perencanaan sambungan membutuhkan trial and error untuk menentukan konfigurasi sambungan dan jumlah sambungan (jumlah baut dan tebal las) hingga kapasitas sambungan lebih besar dari beban sambungan. Dengan banyaknya macam sambungan yang diperhitungkan dan juga memakan banyak waktu, maka dalam perencanaan diperlukan penyederhanaan menjadi tabel sambungan baja fleksibel yang umum digunakan (double angle cleat dan web side plate) sesuai dengan SNI 03-1729-2002. Tabel ini disusun dengan menentukan variasi parameter seperti profil, baut, mutu las, coakan, konfigurasi baut, dan komponen sambungan. Penyajian tabel ini berupa variasi jumlah baut, jarak coakan, kapasitas profil (tanpa coakan, coakan tunggal, coakan ganda), dan konfigurasi baut. Pembuatan tabel ini menghindarkan pengguna untuk trial and error dalam mendesain sambungan. Pengguna cukup mengetahui ukuran profil yang akan disambung, lalu memilih sambungan sesuai dengan kapasitas yang diinginkan.

Keywords


tabel sambungan baja, fleksibel, double angle cleat, web side plate

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum. (2002). Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung: SNI 03-1729-2002, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, Indonesia.

Gunawan, R. & Morisco, (1987). Tabel Profil Konstruksi Baja, Kanisius,Yogyakarta, Indonesia.

Hogan, T., & Munter, S. (2007). Design Capacity Tables for Structural Steel Volume 3: Simple Connections- Open Section, Australian Steel Institute, North Sydney, Australia.

The Steel Construction Institute. (2006). Joint in Steel Construction: Simple Connections, The Steel Construction Institute and The British Constructional Steelwork Association Limited, London, England.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :