ANALISA PERKUATAN GEOTEKSTIL PADA TIMBUNAN KONSTRUKSI JALAN DENGAN PLAXIS 2D

Pretty Angelina Tay(1*), Fiona Swasti Adi(2), Daniel Tjandra(3), Paravita Sri Wulandari(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang sering terjadi pada timbunan adalah terjadinya penurunan yang besar. Oleh karena itu diperlukan perkuatan untuk memperbaiki kondisi tersebut. Salah satu usaha perkuatan tanah yang dapat dilakukan adalah dengan memasang geotekstil. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kuat tarik geotekstil yang digunakan serta menentukan kuat tarik optimum geotekstil yang akan digunakan sebagai perkuatan dengan memperhatikan nilai angka keamanan dan penurunan. Penelitian ini menggunakan tiga pemodelan yaitu, yang pertama pengujian pada timbunan yang tidak menggunakan geotekstil. Pengujian kedua yaitu untuk menentukan panjang geotekstil yang akan digunakan. Pengujian ketiga, pengujian pada timbunan yang menggunakan geotekstil dengan kuat tarik yang bervariasi, dengan panjang yang ditentukan berdasarkan hasil pola keruntuhan yang terjadi pada pengujian kedua.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya penggunaan geotekstil, pola keruntuhan yang terjadi mengalami perubahan, dimana bagian yang runtuh hanya pada timbunan saja.Penurunan yang terjadi pada timbunan dengan perkuatan geotekstil semakin kecil dan nilai angka keamanan yang diperoleh melebihi batas minimum nilai angka keamanan ijin.


Keywords


timbunan,geotekstil, PLAXIS 2D, angka keamanan, penurunan

Full Text:

PDF

References


Endrayana, M. (2008). Pengaruh Geotekstil terhadap Lempung Lunak.FT UI. Jakarta.

Lee, K. Y., Chung, C. G., Hwang, J. H., Hong, J. W., & Ahn, Y. S. (2003). Geosynthetic Embankment Stability on Soft Soil Ground Considering Reinforcement Strain.Proceedings of the Thirteenth (2003)International Offshore and Polar Engineering Conference (p. 573). The International Society of Offshore and Polar Engineers. Honolulu, Hawaii, USA

Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum. (2009). Pedoman Konstruksi dan Bangunan: Perencanaan dan Pelaksanaan Perkuatan Tanah dengan Geosintetik. Jakarta.

Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum. (2005). Pedoman Konstruksi dan Bangunan: Stabilitas Dangkal Tanah Lunak untuk Konstruksi Timbunan Jalan. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :