PANDANGAN HARAPAN DAN REALITA KONTRAKTOR TERHADAP PERANAN OWNER DALAM KESELAMATAN KERJA PADA PROYEK GEDUNG BERTINGKAT DI SURABAYA

Yusuf Brotorahardjo(1*), Yongki Chandra(2), Andi Andi(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seringkali keberhasilan suatu proyek dikaitkan dengan faktor biaya, mutu/kualitas, dan waktu. Namun disamping itu, faktor keselamatan kerja merupakan hal yang tidak dapat dilupakan begitu saja. Selain kontraktor, owner juga turut berpartisipasi dalam manajemen keselamatan kerja. Owner dapat berperan aktif dalam keselamatan kerja pada tahap pemilihan kontraktor, kontrak, prakonstruksi, dan konstruksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui harapan, realita serta perbandingan harapan dengan realita daripada peranan owner dalam keselamatan kerja menurut pandangan kontraktor. Digunakan metode penyebaran kuesioner dengan target 100 responden dari 15 proyek yang diberikan ke kontraktor pada proyek gedung bertingkat di Surabaya. Hasil analisa menunjukkan bahwa nilai harapan pada keseluruhan tahap sudah tinggi, sehingga kontraktor menganggap bahwa peranan owner dalam keselamatan kerja penting. Sedangkan pada analisa terhadap penilaian realita juga memperoleh nilai rata-rata yang tinggi dimana menunjukkan bahwa kontraktor sudah puas terhadap peranan owner dalam keselamatan kerja. Analisa perbandingan dilakukan untuk mengetahui apakah peranan owner dalam item tersebut diperlukan suatu perbaikan atau tidak dengan melihat pada hasil selisih antara nilai harapan dengan realita serta dengan menggunakan kuadran perbandingan. Hasil rata-rata harapan maupun realita sudah tinggi. Nilai realita pada sebagian besar item keselamatan kerja lebih rendah daripada nilai harapan sehingga diperlukan peningkatan

Keywords


peranan owner, keselamatan kerja, harapan, realita

Full Text:

PDF

References


Huang, X., and Hinze, J. (2006). “Owner’s Role in Construction Safety.” Journal of Construction Engineering and Management. Vol. 132, No. 2, 164-173.

Jiman, J., and Pramudita, E. (2014). Pandangan Kontraktor dan Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Peran Pemilik dalam Keselamatan Kerja Proyek Konstruksi di Surabaya. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Liu, H., Jazayeri, E., and Dadi, G. B. (2017). “Establishing The Influence of Owner Practices on Construction Safety in An Operational Excellence Model.” Journal of construction engineering and management. Vol. 143, No. 6, 04017005.

Soetanto, R., Proverbs, D. G., and Holt, G. D. (2001). “Achieving Quality Construction Projects Based on Harmonious Working Relationships‐Clients’ and Architects’ Perceptions of Contractor Performance.” International Journal of Quality & Reliability Management. Vol. 18, No. 5, 528-548.

Soetanto, R., Proverbs, D. G., and Holt, G. D. (2002). “A Conceptual Tool for Assessing Client Performance in The Construction Project Coalition.” Civil Engineering Dimension, Vol. 4, No. 2, 60-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :