OPTIMASI FONDASI DANGKAL SETEMPAT PADA TANAH PASIR DENGAN METODE METAHEURISTIK

Dani Nugraha Limantono(1*), Ronaldo Richard Gunawan(2), Doddy Prayogo(3), Y.T. Teddy Susanto(4),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(4) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengertian fondasi adalah bagian bawah struktur bangunan yang terhubung langsung ke dalam tanah yang berguna untuk menahan berat bangunan pada bagian atas struktur bangunan. Fondasi dangkal biasanya digunakan untuk bangunan sederhana bertingkat rendah dan tidak membutuhkan galian tanah yang dalam. Setidaknya ada tiga syarat yang perlu diperhatikan dalam desain fondasi yaitu Ultimate Limit State (ULS), Serviceability Limit State (SLS) dan ekonomis. Penggunaan metode optimasi dapat membantu menghasilkan dimensi fondasi beserta tulangannya yang optimal dan ekonomis namun tetap aman. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan metode metaheuristik Particle Swarm Optimization (PSO) dan Symbiotic Organisms Search (SOS) dalam menyelesaikan masalah terkait optimasi fondasi dangkal setempat. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bangunan Rumah Toko (Ruko) dua lantai dan tiga lantai. PSO dan SOS akan bekerja untuk menemukan biaya konstruksi termurah tetapi tetap memenuhi persyaratan yang berlaku. Melalui optimasi, metode metaheuristik dapat memberikan hasil yang optimal. Secara umum, performa dari algoritma SOS lebih unggul daripada algoritma PSO.

Keywords


optimasi, fondasi dangkal, metaheuristik, ekonomis

Full Text:

PDF

References


Azhim, A., and Prakoso, W. A. (2018). “Construction Cost Optimization of Shallow Foundation for Sand Soil in Indonesia.” MATEC Web of Conferences 270. Vol. 05.

Das, B. M. (2015). Principle of Foundation Engineering, Cengage Learning, USA.

Husada, V. R., and Nathanael, F. (2021). Optimasi Biaya Pondasi Dangkal dengan Metode Metaheuristik. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Khajehzadeh, et.al. (2012). “Optimization of Shallow Foundation Using Gravitational Search Algorithm.” Research Journal of Applied Sciences Engineering and Technology. Vol. 4, No. 9, 1124-1130.

Shi, Y. (2001). “Particle Swarm Optimization: Developments, Applications and Resources.” Proceedings of the 2001 Congress on Evolutionary Computation.

Wang, Y., and Kulhawy, F. H. (2008). “Economic Design Optimization of Foundations.” Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering. Vol. 134, No. 8, 1097-1105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :